Brilio.net - Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengimbau masyarakat tetap tenang terkait letusan gunungapi di Indonesia. Selama masyarakat taat peraturan dan beraktivitas di radius aman yang telah ditentukan tentu tak akan mengundang bahaya.

Perlu diketahui, dalam satu pekan terakhir beberapa gunungapi di Tanah Air meletus dalam rentang waktu yang tidak berjauhan, Gunung Soputan, Gunung Gamalama dan Gunung Anak Krakatau misalnya. Menurut Sutopo, letusan gunung berapi tersebut tidak ada kaitan satu sama lainnya. "Namanya gunungapi, pasti suatu saat akan meletus," tulisnya melalui Twitter @Sutopo_PN, Jumat (5/10).

Tercatat, Indonesia memiliki gunungapi terbanyak di dunia. Dari 127 gunung api aktif yang ada, baru 69 gunung yang terpantau dengan alat, khususnya peralatan seismik yang merupakan standar minimum.

Nah, dalam dua tahun terakhir terdapat beberapa gunungapi yang meletus dan menarik perhatian masyarakat Indonesia hingga warga mancanegara. Berikut 7 di antaranya brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (6/10).

1. Gunung Agung, Bali.

Loading...

gunung agung meletus seperti 1963 HEADLINE  © 2017 berbagai sumber

Pada 2017, aktivitas Gunung Agung mengalami peningkatan seismik. Status normal dinaikkan menjadi waspada. Warga di sekitar Gunung Agung juga mulai dievakuasi. Pada 22 September 2017, status Gunung Agung dinaikkan dari siaga menjadi awas, hingga akhirnya meletus dengan semburan abu vulkanik hingga 7,5 kilometer ke arah utara-timur laut, tenggara, dan selatan-barat daya.

2. Gunung Merapi, Jogja.

 50 tahun merapi © 2018 brilio.net

Pada Juni lalu, Gunung Merapi kembali meletus pada Jumat (01/06) pukul 20.24 WIB. Sebagaimana informasi dari BPPTKG, pada pukul 20.24 WIB Gunung Merapi meletus dengan durasi 1,5 menit mengarah ke Timur laut. Tinggi kolom mencapai 2.500 Meter dari puncak. Amplitudo maksimum 64 mm.

3. Gunung Barujari, Lombok.

Pada September, 2016 lalu, Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani, di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali meletus. Abu vulkanik yang disemburkan mencapai 2.000 meter atau 2 kilometer.

Gunung Barujari meletus pada pukul 14.45, Selasa (27/9) WITA atau 13.45 WIB, demikian dikabarkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

4. Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara.

Gunung Sinabung meletus besar, masyarakat diminta waspada © 2018 brilio.net

Pada Jumat, 6 April 2018, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara dilaporkan kembali meletus, pukul 16.07 WIB. Letusan kali ini melontarkan awan panas sejauh 3.500 meter, disertai abu vulkanik dengan material piroklastik bertekanan kuat berwarna abu-abu gelap.

5. Gunung Gamalama,Ternate, Maluku Utara.

gunung gamalama erupsi 5 tahun terakhir © berbagai sumber

Kamis lalu (4/10) Gunungapi Gamalama di Pulau Ternate, Maluku Utara, meletus pada pukul 11.52 WIT. Gunung mengeluarkan asap berwarna putih kelabu setinggi 250 meter, sedangkan abu vulkanik terbawa angin ke arah barat laut dan jatuh di wilayah Kecamatan Ternate Barat dan Pulau Ternate.

6. Gunung Soputan, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara.

fakta soputan Istimewa

Rabu kemarin, (3/10) Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, meletus. Tinggi abu vulkanik letusan gunung tersebut mencapai 4.000 meter.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat aplitudo maksimum 39 mmm dan durasi sekitar 6 menit. Hujan abu vulkanik diperkirakan jatuh ke daerah barat laut Gunung Soputan.