Brilio.net - Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, meletus. Tinggi abu vulkanik letusan gunung tersebut mencapai 4.000 meter.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat aplitudo maksimum 39 mmm dan durasi sekitar 6 menit. Hujan abu vulkanik diperkirakan jatuh ke daerah barat laut Gunung Soputan.

Hingga saat ini Gunung Soputan masih berada dalam status level III atau siaga. Namun demikian, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengimbau penduduk sekitar untuk tidak beraktivitas dalam radius sejauh 4 km dari puncak gunung.

Berikut brilio.net rangkum dari akun Twitter @Sutopo_PN, potret Gunung Soputan saat meletus, Rabu (3/10).

1. Gunung Soputan meletus pukul 08.47 WITA. Menurut Sutopo hingga kini belum diperlukan pengungsian.

Loading...

G Soputan © 2018 brilio.net

2. "Kolom abu dengan tekanan kuat teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut," jelas Sutopo.

G Soputan © 2018 brilio.net

3. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara menyatakan jalur pendakian ke Gunung Soputan ditutup selama terjadi erupsi.

G Soputan © 2018 brilio.net

4. Sutopo juga menghimbau agar masyarakat menyiapkan masker untuk mengantisipasi potensi bahaya gangguan pernapasan bila terjadi hujan abu.

G Soputan © 2018 brilio.net