Brilio.net - Tahu nggak sih, saat ini di kalangan milenial yang ingin meniti karier sering muncul pertanyaan begini. Lebih baik memiliki sertifikat di bidang digital atau mengejar ijazah gelar formal ya? Malah pertanyaan ini menjadi perdebatan di antara mereka. Ya mirip pertanyaan mana duluan antara “telur dengan ayam”.  

Sebenarnya sih, antara sertifikat dan ijazah sama-sama penting. Tergantung di mana kamu mau berkarier. Tapi di dunia yang serba digital seperti sekarang, alangkah lebih baik jika kamu memiliki keduanya.

Yacademy © 2017 brilio.net(capetown.sae.edu)

Sebab, jika sudah memiliki ijazah gelar formal ditambah mengantongi sertifikat, kamu pasti punya nilai lebih deh dibanding yang lain. Ya paling nggak kamu berpeluang besar dilirik saat perekrutan.

Tapi biar kamu nggak bingung antara mengejar gelar formal atau sertifikat, berikut brilio.net kasih sedikit pertimbangan mengenai keduanya. Semua terserah kamu. Pilihan ada di tangan kamu kok.

1. Masalah biaya dan waktu

Yacademy © 2017 brilio.net(brilio.net)

Salah satu masalah yang paling jelas, untuk mendapatkan ijazah gelar formal dibutuhkan biaya yang lebih mahal dibanding kamu mencari sertifikat. Kamu mesti mengikuti perkuliahan yang waktunya nggak sebentar lho. Paling nggak kamu mesti punya komitmen soal biaya dan waktu.   

2. Pikirkan jenis pekerjaan yang kamu inginkan

Yacademy © 2017 brilio.net(brilio.net)

Kamu harus memikirkan jenis pekerjaan yang ingin dicari. Kamu juga harus sering-sering mencari lowongan pekerjaan untuk melihat kualifikasi apa yang mungkin kamu raih. Menghabiskan waktu dan uang untuk mendapatkan ijazah mungkin bukan investasi yang bagus untuk kamu jika memang pekerjaan yang dicari hanya membutuhkan sertifikat.

3. Harus punya nilai lebih dong

Yacademy © 2017 brilio.net(collegeatlas.org)

Ada keuntungan tersendiri lho jika kamu yang punya ijazah gelar formal sekaligus mengantongi sertifikat. Apalagi jika sertifikat itu berkaitan dengan dunia digital. Nah saat ini kualifikasi untuk sebuah posisi profesional bersertifikasi digital banyak dicari perusahaan. Jadi kalau punya ijazah dan sertifikat, sangat mungkin kamu menjadi prioritas dalam perekrutan. Sebab, pencari kerja bersertifikasi dapat dianggap memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus agar lebih produktif dan efisien. Satu hal lagi, saat ini sertifikasi sering menjadi filter utama dalam sebuah perekrutan.

4. Ijazah vs sertifikat digital

Yacademy © 2017 brilio.net(pearsonitcertification.com)

Salah satu keuntungan sebuah ijazah adalah tidak kadaluwarsa. Berbeda dengan sertifikat yang membutuhkan pembaruan. Tapi meski begitu ijazah yang kamu dapat belum tentu lho dibutuhkan di masa depan. Misalnya kamu punya ijazah ilmu komputer. Nah lima tahun atau 10 tahun ke depan jika kamu nggak mengikuti perkembangan teknologi, sangat mungkin ijazah itu nggak terlalu berarti.

5. Harus cerdas dan cermat mengambil keputusan

Yacademy © 2017 brilio.net(Yacademy)

Memiliki ijazah gelar formal dan sertifikat sejatinya kombinasi yang hebat untuk karier kamu. Tapi, jika kamu dihadapkan pada pilihan untuk memutuskan jalur mana yang harus diambil sekarang, ingatlah bidang apa yang paling diminati perusahaan di era digital saat ini, termasuk jenis pekerjaan apa yang kamu inginkan. Sesuaikan deh dengan kebutuhan kamu.  

6. Menambah keterampilan digital

Yacademy © 2017 brilio.net(Yacademy)

Saat ini sudah lumrah banyak institusi pendidikan yang menerapkan metode berkelanjutan dalam program mereka untuk memenuhi persyaratan di tempat kerja. Makanya nggak heran banyak institusi pendidikan yang menawarkan program sertifikasi. Tapi sebenarnya untuk mendapatkan sertifikat, terlebih yang bertaraf internasional, kamu nggak harus kuliah kok. Kamu bisa manfaatkan Yscore. Itu lho, sertifikat yang dikeluarkan Yacademy. Kamu bisa mendapatkannya secara online, nggak perlu ikut kelas tertentu. Gampang kan?