Brilio.net - Di zaman sekarang, siapa sih yang bisa lepas dari dunia digital? Nggak heran jika banyak orang bakal mati gaya kalau nggak bawa gawai, khusunya telepon pintar. Nah begitu juga di dunia informasi. Oh ya, saat ini hampir semua perusahaan sudah beralih dari pola konvensional ke digital, termasuk soal pemasaran.

Sekarang ini, yang namanya pemasaran digital sudah menjadi "kewajiban". Bukan cuma perusahaan, kamu juga dituntut menggeluti cara ini. Lho, apa sih pentingnya pemasaran digital? Padahal, kita kan nggak berkarier di dunia pemasaran?

Penjelasannya begini. Di era digital seperti sekarang, pemasaran digital itu berubah layaknya sebuah bahasa. Gampangnya, pemasaran digital sekarang ini menjadi media komunikasi. Nah mungkin kamu selama ini nggak sadar kalau sudah sering melakukan pemasaran digital.

Kamu pasti suka berselancar di dunia maya dong, khususnya di media sosial. Saat kamu mengunggah sesuatu ke media sosial, sejatinya kamu sudah melakukan pemasaran digital. Jadi yang namanya pemasaaran digital ada dimana-mana. Nggak Cuma di perusahaan doang lho.

Saat ini setiap orang adalah pemasar digital. Kalau dulu, televisi, surat kabar, dan radio atau media mainstream yang punya kekuatan menyebarkan gagasan dan informasi. Merekalah satu-satunya media yang menciptakan informasi.

Tapi sekarang, semua orang punya kekuatan menginformasikan sesuatu dan dapat dilihat di seluruh dunia. Sekarang semua orang bisa menjadi pencipta konten atau informasi.

Karena itu, di era digital seperti sekarang, belajar pemasaran digital menjadi penting. Banyak sekali bentuk-bentuk digital marketing yang bisa dikembangkan, seperti media sosial, brosur online, email marketing hingga website bisa di manfaatkan untuk mengembangkan suatu bisnis. Jadi, nggak heran hampir semua perusahaan dan bisnis menggunakan metode ini untuk lebih banyak merangkul pasar.

Nah, sebenarnya apa sih manfaat yang bisa didapat jika kamu ahli dibidang ini? Brilio.net merangkum 3 keuntungan jika kamu bisa menguasai digital marketing. Yuk simak.

 

1. Dapat berkompetisi dengan kemajuan digital

Yacademy (7) © 2017 brilio.net

Bisa dibilang digital marketing itu adalah hasil modernisasi. Berkembangnya kemajuan teknologi membuat banyak orang lebih mudah mengakses informasi melalui digital. Pastinya di masa mendatang digital marketing akan terus berkembang. Nah jika bisa menguasai hal tersebut, kamu bisa dengan mudah berkompetisi dalam skill pekerjaan.

 

2. Mempermudah merangkul pasar

Yacademy (7) © 2017 brilio.net

Nah, untuk yang sudah berpengalaman dengan marketing sebelumnya, menguasai digital marketing bisa menjadi salah satu "alat" mempermudah kamu dalam pemasaran nih. Dilihat dari semakin minimnya orang mengambil informasi dari media tradisional seperti koran hingga televisi, kamu bisa memasarkan produk melalui digital sehingga mudah merangkul pasar yang lebih besar.

 

3. Menjadi stand out dengan kemampuan digital marketing

Yacademy (7) © 2017 brilio.net

Zaman sekarang, belajar bukanlah hal yang sulit.  Lewat bantuan digital, kamu bisa mengakses informasi dan materi yang ingin kamu pelajari dengan mudah. Tetapi, masih banyak orang yang enggan keluar dari zona nyaman sehingga sulit berkembang di era digital. Maka dari itu jika kamu mampu untuk bersaing dengan yang lain melalui digital marketing, pastinya menjadi nilai tambahan untukmu lho.

Nggak sulit kok untuk mengukur keahlianmu di digital marketing. Nggak perlu pergi kursus setelah pulang kerja dan mengorbankan weekend untuk ikut kelas. Kamu bisa dengan mudah mengukur keahlianmu melalui Yscore.

Oh ya, ada banyak sertifikat bisa kamu ambil di Yscore terkait dunia digital marketing seperti content marketer, media manager, hingga digital analyst. Nggak tanggung-tanggung, sertifikatnya juga bekerjasama dengan perusahaan besar seperti Facebook dan Google sebagai faculty kontributornya!

Nah kapan lagi memperdalam kemampuan digital marketing kamu kalau bukan dari sekarang?