Brilio.net - Sekarang ini sudah nggak heran jika banyak anak muda ramai-ramai mendirikan start up. Tapi membangun start up yang kredibel hingga akhirnya meraih sukses bukan pekerjaan gampang loh.

Dibutuhkan keseriusan dan pengetahuan yang mumpuni. Bukan sekadar latah. Melihat orang lain bikin start up, langsung saja ikutan. Maklum dunia start up sejatinya adalah membangun entrepreneurship.

Tapi sebelum membangun start up, nggak ada salahnya kamu melihat kemampuan diri. Sudah cukupkah modal pengetahuan yang kamu miliki? Nah, jika ingin meraih sukses, sangat penting membangun kredibilitas.

Memang sih, banyak inkubator dan akselerator yang bisa membantu kamu mewujudkan impian mendirikan start up. Tapi persoalannya, kamu juga harus bersaing dengan pihak lain yang juga punya keinginan serupa. Nah untuk itu kamu harus memiliki kelebihan dibanding yang lain. 

Setidaknya, kamu mesti memperhatikan 4 strategi ini jika ingin menjadi pendiri start up yang kredibel.

1. Manfaatkan jaringan yang kamu punya

Yacademy-5 © 2017 brilio.net(foto:brilio.net)

Jaringan yang kamu miliki akan sangat membantu untuk memperkenalkan start up yang kamu dirikan. Lewat jaringan, yang kamu kerjakan dengan sangat mudah dikenal. Dari sini kamu bisa mendapatkan kredibilitas instan dengan orang yang tepat karena koneksi masa lalu. Jangan berpikir bahwa kamu harus mulai dari awal.

2. Jangan sungkan berbagi pengalaman dan kemampuan

Yacademy-5 © 2017 brilio.net(foto:brilio.net)

Berbagi pengalaman dan kemampuan juga akan sangat membantu kamu dikenal orang lain. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk sedikit mengulas profil kamu. Dengan begitu orang lain akan tahu kemampuan dan kompetensi kamu. Nggak usah malu jika memang kamu punya prestasi untuk dicantumkan di dalam profil singkat kamu itu. Kamu juga harus fokus pada apa yang dikerjakan.

3. Bangun reputasi

Yacademy-5 © 2017 brilio.net(foto:brilio.net)

Membangun reputasi memang nggak bisa instan. Butuh waktu lama lewat berbagai proses. Tapi saat ini sebaiknya kamu fokus pada reputasi dan kemampuan digital. Lakukan apa yang kamu bisa dengan menunjukkan kerja keras. Kamu harus yakin bisa memberikan lebih dari yang kamu impikan. Ini adalah salah satu cara yang mesti kamu lakukan jika ingin membangun kredibilitas.

4. Tingkatkan kemampuan kamu

Yacademy-5 © 2017 brilio.net(foto: Yacademy)

Salah satu cara membangun bisnis di dunia digital sekarang ini adalah visibilitas. Kamu harus memilikinya. Nah untuk membangun visibilitas ini bisa kamu lakukan dengan banyak belajar dari orang lain yang sudah sukses. Tapi jika ingin kredibilitas kamu diakui, sangat penting loh mengikuti program kursus yang dilakukan lembaga profesional bersertifikat. Misalnya, kamu bisa manfaatkan Yscore, sertifikasi yang dikeluarkan Yacademy. Oh ya, asal tahu saja ya, Yacademy itu adalah lembaga yang fokus untuk pendidikan masa depan digital. Kamu bisa mengikuti kursus offline atau online di bidang digital technologies dan inovasi. Begitu mengantongi sertifikat dari Yacademy, kamu punya kelebihan dibanding yang lain. Kalau kamu masih penasaran gimana caranya mendapatkan sertifikat itu, coba deh klik di sini.