Brilio.net - Perkembangan teknologi saat ini sangat membantu berbagai aktivitas manusia. Dulu mungkin kita nggak pernah membayangkan bisa berkirim surat kepada kolega dengan internet. Tapi sekarang, hal itu bukan mustahil. Keberadaan surat elektornik (email) jadi jawaban.

Begitu juga dengan munculnya berbagai aplikasi termasuk media sosial. Sudah menjadi keseharian. Siapa sih sekarang yang nggak berkutat dengan dunia teknologi di era digital? Hampir semua orang memanfaatkannya.

Yacademy-8 © 2017 brilio.net(www.ekaenlinea.com)

Nah perkembangan dunia digital saat ini bukan sekadar untuk hiburan semata lho. Tapi juga bisa membantu perkembangan karier kamu. Syaratnya, kamu harus terus belajar terutama soal digital marketing.  

Maklum sekarang ini yang namanya digital marketing sudah diterapkan di hampir semua perusahaan, khususnya perusahaan besar. Karena itu, jika kamu ingin bergabung di perusahaan ternama, kemampuan digital kamu mesti mumpuni lho.

Buat kamu yang ingin mengembangkan karier digital, ada lima hal yang wajib dilakukan untuk mengasah kemampuan kamu yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber (19/10). Apa saja ya?

1. Asah terus kemampuan digital kamu biar nggak gagap teknologi

Yacademy-8 © 2017 brilio.net(seoicon.net)

Sekarang ini hampir 70% perusahaan menawarkan pelatihan digital kepada karyawannya. Ya tujuannya sih agar si karyawan nggak ketinggalan perkembangan teknologi. Nah kamu yang masih sibuk mengembangkan karier juga mesti melakukannya lho. Kamu mesti belajar bagaimana mengirim email dengan benar misalnya. Belajar menguasai teknologi tools perkantoran seperti penggunaan Microsoft Office secara maksimal. Kamu juga harus terus mengamati perkembangan aplikasi digital dan mempelajarinya ya.

2. Nggak ada salahnya ikut kursus online

Yacademy-8 © 2017 brilio.net(Yacademy)

Kamu yang nggak punya banyak waktu untuk kursus, bisa kok mengikutinya secara online. Sekarang banyak lho lembaga yang menyediakan kursus online. Yang penting sih kamu mesti punya motivasi untuk mengembangkan kemampuan digital. Selain kursus, bisa juga ikut pelatihan atau workshop.

3. Terlibat dalam project kecil-kecilan juga oke

Yacademy-8 © 2017 brilio.net(digitalmarketinginstitute)

Nah buat kamu yang sudah bekerja, sebaiknya mencoba ikut dalam sebuah project di kantor. Nggak usah project yang besar, kecil-kecilan saja. Yang penting project itu berkaitan dengan aktivitas digital. Sebab, menurut Paul McDonald, Direktur Eksekutif Senior perusahaan kepegawaian Robert Haft, praktik langsung adalah cara terbaik untuk belajar. Nah kamu harus aktif dalam project ini. Jangan sungkan untuk mengajukan diri masuk dalam project itu.

4. Jangan malu bertanya pada yang lebih ahli

Yacademy-8 © 2017 brilio.net(dbs.ie)

Salah satu cara yang cukup gampang dalam mengembangkan karier, adalah dengan bertanya pada orang yang lebih berpengalaman. Kamu bisa mengembangkan pemikiran strategis jika belajar pada orang yang tepat. Bertanya pada atasan juga nggak masalah kok. Yang penting kamu bisa menambah wawasan digital kamu.

5. Sebaiknya sih kamu punya sertifikat yang kredibel deh

Yacademy-8 © 2017 brilio.net(Yacademy)

Sekarang ini banyak lho perusahaan yang menuntut calon karyawannya mengantongi sertifikat keahlian selain ijazah. Nah sertifikat ini harus kamu dapatkan dari lembaga kredibel ya seperti Yacademy yang menyediakan Yscore.

Oh iya sekadar informasi nih, Yscore adalah sebuah platform yang menyediakan sertifikasi tentang dunia digital seperti content marketer, media manager, hingga digital analyst. Kamu juga nggak perlu repot layaknya mengikuti kursus atau kuliah. Nggak perlu mengorbankan waktu liburan kamu deh. Untuk mendapatkan Yscore bisa kamu lakukan di rumah kok. Gampang kan?