Brilio.net - Belakangan ini beredar sebuah video anggota ASN yang ber lenggok bak model layaknya di Citayam Fashion Week. Dia adalah Dewi Novita, Camat Payakumbuh Timur, Sumatera Barat. Namun tanpa diduga, Dewi justru diminta untuk menghapus postingan tersebut oleh MUI Kota Payakumbuh, dan dicopot dari jabatannya.

Akan tetapi setelah ditelusuri lebih lanjut, Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat memastikan bahwa pihaknya tidak melakukan pencopotan terhadap Dewi Novita. Mereka hanya melakukan mutasi ke jabatan dengan eselon yang masih sama.

camat payakumbuh dimutasi © berbagai sumber

foto: YouTube/Dewicentong & Instagram/@dewi.centong

Melansir dari Antaranews.com, Selasa (9/8), Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Payakumbuh Erwan mengatakan bahwa tidak ada pencopotan jabatan dan Pemkot Payakumbuh melakukan rotasi atau mutasi jabatan, dan sudah dijadwalkan dan dipersiapkan sebelumnya.

"Terkait dengan jabatan baru Dewi Novita yaitu Sekretaris Satpol-PP Damkar itu karena figur dari Camat Payakumbuh Timur ini bagus dan kita butuh karakter ini di Satpol-PP Damkar," ujarnya.

Menurut Erwan pemindahan Dewi Novita tidak ada sangkut pautnya dengan video viralnya soal meniru gaya anak ABG Citayam Fashion Week yang dikomentari MUI Kota Payakumbuh

camat payakumbuh dimutasi © berbagai sumber

foto: Instagram/@dewi.centong

"Penyebab dirotasi atau mutasikannya Dewi Novita bukan dari komentar MUI, namun pada intinya mutasi atau rotasi adalah hal yang biasa bagi PNS. Dan yang bersangkutan tidak diturunkan jabatannya, tetap pada posisi eselon 3-A," katanya didampingi Sekretaris BKPSDM dan Kabid Ance Alfiando.

Terkait komentar dari MUI, hal itu berhubungan dengan disiplin dan itu membutuhkan proses seperti pengumpulan data terlebih dahulu.

"Apakah dengan komentar MUI kita pindahkan yang bersangkutan, tidak, kita belum sampai ke sana, kalau berkaitan dengan MUI itukan disiplin. Kita juga punya mekanisme kita akan mengumpulkan bahan-bahan dulu," ucapnya.

"Tetapi dapat kami tegaskan terkait dengan pemindahan Dewi Novita dari Camat Payakumbuh Timur ke Sekretaris Satpol-PP itu bersih tidak ada masala disiplin, karena dia dibutuhkan di Dinas tersebut," terang Erwan.

Tindakan disiplin bagi anggota ASN berupa penurunan pangkat setingkat dan atau pembebasan dari jabatan. Namun Pemkot Payakumbuh sendiri tidak melakukan dua hal tersebut.

(brl/lea)

(brl/lea)