Brilio.net - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali menenggelamkan kapal ilegal yang berlayar di perairan Indonesia pada Senin (20/8). Kapal-kapal ilegal tersebut berasal dari Vietnam, Malaysia, Filipina dan Indonesia.

Sebanyak 125 kapal pelaku ilegal fishing tersebut ditenggelamkan secara serentak di 11 titik di perairan Indonesia. Bersama Satgas 115, Menteri Susi pemimpin langsung proses menenggelamkan kapal-kapal tersebut di perairan Bitung, Sulawesi Utara.

Selain ingin menguatkan komitmen Indonesia dalam melindungi kedaulatan laut Tanah Air, penenggelaman kapal-kapal ilegal tersebut juga dilakukan dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke-73. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/8), berikut enam momen Menteri Susi tenggelamkan 125 kapal pencuri ikan di perairan Indonesia.

1. Ini momen Menteri Susi berikan komando untuk menenggelamkan 15 kapal ilegal di perairan Bitung.

 


2. Dengan pakain serba hitam, Menteri Susi memberikan komando Satgas 115 kapal.

Momen Menteri Susi  © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@kkpgoid

3. Menteri Susi didampingi pihak kepolisian melihat langsung proses penenggelaman kapal ilegal fishing di atas kapal.

Momen Menteri Susi  © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@kkpgoid

4. Ini dia tiga dari 15 kapal ilegal di perairan Bitung yang tertangkap sedang beroperasi.

Momen Menteri Susi  © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@kkpgoid

5. Selain 15 kapal di Bitun. 40 kapal di Natuna, 23 kapal di Tarempat Anambas, 18 kapal di Pontianak, 9 kapal di Batam, 7 kapal di Belawan, 6 kapal di Cirebon, 3 kapal di Aceh, 2 kapal di Tarakan, 1 kapal di Ambon dan 1 kapal di Merauke juga ditenggelamkan.

Momen Menteri Susi  © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@kkpgoid

6. Selain merupakan kapal ilegal, 125 kapal tersebut juga melakukan pelanggaran IUUF (Illegal, Unreported and Unregulated Fishing).