Brilio.net - Menjadi nelayan adalah salah satu pekerjaan yang memiliki risiko besar. Bertahan di laut untuk waktu yang lama bukanlah hal yang mudah. Menghadapi ombak dan cuaca yang tak menentu pun menjadi tantangan yang kerap dihadapi. Risiko terjatuh dari kapal bisa dialami para nelayan kapan saja. Hal ini bahkan juga belum lama terjadi kepada seorang nelayan di perairan laut Jawa.

Melalui video yang diunggah dalam akun TikTok @thiaracendhy, terlihat seorang pria tengah mengapung di lautan. Dengan peralatan seadanya, pria yang diketahui berprofesi sebagai nelayan cumi itu berada dekat dengan kapal sang pemilik akun.

"Pas lagi jaga tiba-tiba ada orang jatuh ke laut (MOB). Untung Capt lagi di anjungan, jadi kita langsung manuver buat evakuasi orang itu," ujar pemilik akun TikTok @thiaracendhy.

Penyelamatan nelayan © TikTok

foto: TikTok/@thiaracendhy

Pemilik akun yang merupakan awak kapal itu pun melakukan evakuasi terhadap nelayan. Dengan menggunakan pelampung, pria itu berhasil diselamatkan ke atas kapal. Nelayan yang bernama Triyono tersebut, diketahui berasal dari Pemalang. Beruntungnya, Triyono dapat bertahan dan berhasil diselamatkan. Pasalnya, nelayan cumi itu sudah mengapung di lautan selama tiga hari.

"Dan setelah berhasil dievakuasi, ternyata dia seorang nelayan cumi dan sudah tiga hari mengapung di laut seluas ini. Oiya yang nanya lokasinya ini di Laut Jawa, sekitaran Tg Malatayur ya, doain semuanya dalam kondisi sehat," tambahnya.

Penyelamatan nelayan © TikTok

foto: TikTok/@thiaracendhy

Usai penyelamatan tersebut, Triyono pun mendapatkan penanganan dari pihak awak kapal. Video singkat ini pun lantas mendapat banyak sorotan dari warganet. Banyak yang memberikan tanggapan mengenai perjuangan Triyono dalam mencari nafkah. Di sisi lain, ada pula yang menilik tentang pentingnya peralatan keselamatan diri selama di laut bagi nelayan.

@thiaracendhy

Reply to @me_mince Yang pada nanya part 2, sekalian mana tau ada yg kenal. Abis ni udah ya hehe Terimakasih doa baiknya semua ##xyzbca

Here's Your Perfect - Jamie Miller

"Selalu salut sama suami yang banting tulang buat anak istri.. meskipun capek tetep kerja..bahkan bahaya pun diterjang," ungkap @Cimpon

"Dari VT ini kita belajar bahwa pentingnya life jacket bagi nelayan. Walau dengan perahu/sampan sekalipun. Karena musibah datang ga ada yang tahu," tambah @Im'Joe

"Sungguh terima kasih telah menyelamatkannya," komentar @Lia Mega