Brilio.net - Matematika selama ini selalu dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Nggak jarang, pelajaran ini begitu menakutkan bagi para siswa. Eh tapi tahu nggak sih, sebenarnya matematika itu pelajaran yang menyenangkan.

Malah pelajaran ini bisa menjadi penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari lho. Kok bisa ya? Cara inilah yang dilakukan Yayasan Emmanuel bekerja sama dengan Jakarta Intercultural School (JIS) lewat program Innovative School Program (ISP). Oh ya program ini sudah dijalankan sejak 2010 silam.

Matematika asyik lho  © 2017 brilio.net

brilio.net/yani andryansjah

Program ISP ini setidaknya sudah dirasakan manfaatnya oleh 300 guru dan kepala sekolah dasar negeri di Jakarta. Program ini fokus pada metode interaktif, belajar sambil bermain (fun learning), dan mengeksplorasi kemampuan siswa.

Loading...

“ISP adalah program motivasi di sekolah yang dimulai beberapa tahun lalu dengan Yayasan Emmanuel dan bekerja sama dengan JIS. Ini sebagai bentuk program inovatif,” kata Koordinator ISP JIS, Greg Zolkowski saat wawancara kepada brilio.net beberapa waktu lalu.

Matematika asyik lho  © 2017 brilio.net

brilio.net/yani andryansjah

Cara ini sebenarnya untuk meningkatkan cara belajar dan mengajar dengan metode baru. Tujuannya untuk lebih memotivasi siswa agar lebih aktif di kelas.

“Ini kesempatan luar biasa untuk mengenal lebih jauh cara mengajar sekolah di Indonesia. Bagus juga untuk perkembangan siswa baik di JIS maupun siswa-siswa lokal,” lanjut Zolkowski.

Matematika asyik lho  © 2017 brilio.net

brilio.net/yani andryansjah

Yang jelas program ini bisa membantu para guru di Indonesia untuk lebih memiliki cara kreatif dalam mengajar. Jadi mereka bisa mendapat pengalaman bagaimana cara mengajar yang lebih menarik bagi siswa.

Misalnya, dalam mengajar guru bisa memanfaatkan alat peraga yang menarik siswa. Jadi nggak Cuma sekadar memberikan teori. Cara ini juga bisa membantu siswa lebih aktif bekerja sama di kelas.

Matematika asyik lho  © 2017 brilio.net

brilio.net/yani andryansjah

“Program ini sangat banyak manfaatnya. Ternyata banyak cara untuk mengajarkan murid. Guru jadi punya banyak ide. Setiap pagi kita nggak langsung memberikan materi pelajaran kepada siswa. Ada metode untuk mencairkan suasana kelas. Cara ini membuat siswa semakin enjoy belajar,” kata Guru SDN Menteng 02, Kelly Juniartha.

Maklum deh, selama ini baik siswa dan guru selalu beranggapan mengajarkan matematika itu sulit sekali. Tetapi setelah mengikuti program ini, ternyata nggak sesulit yang dibayangkan tuh.

Matematika asyik lho  © 2017 brilio.net

Kelly Juniartha (foto: brilio.net/yani andryansjah)

“Jadi untuk mengajar matematika, guru mesti menanamkan konsep dulu kepada siswa baru setelah itu kita melatih siswa,” tambah Kelly.

Nggak heran deh, sejak 2016 Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta memberikan dukungan penuh terhadap program ini dengan menandatangani Nota Kesepakatan bersama Yayasan Emmanuel, JIS dan Mentari School Jakarta.

Hal ini membuka peluang baru bagi guru dan sekolah dasar di DKI Jakarta untuk mendapatkan materi dan pelatihan metode pembelajaran serupa.