Ketika berusia tujuh tahun, seorang anak biasanya mulai mendapatkan pendidikan formal di bangku Sekolah Dasar atau SD. Seorang anak akan mengenyam pendidikan di SD sampai enam tahun lamanya.

Selain mendapatkan pendidikan, seorang anak juga akan mendapatkan teman di sekolah. Pada jam istirahat siswa akan bermain-main ataupun jajan di kantin. Berbagai macam permainan pun bisa dilakukan dari mulai kejar-kejaran, petak umpet, hingga main tebakan teka-teki.

Selain seru, memecahkan teka-teki juga dapat mengasah otak para siswa. Nggak hanya bisa dilakukan saat istirahat. Tebakan teka-teki juga bisa dilakukan oleh guru pada murid-muridnya saat di kelas. Tebakan-tebakan yang diberikan anak SD biasanya tak mengandung tema-tema berat. Hal tersebut karena mereka banyak berpikir mengenai hiburan ringan yang bisa membuat mereka tertawa.

Nah jika kamu menjadi guru ataupun murid, kamu bisa menggunakan teka-teki ini untuk bahan bermain tebak-tebakan. Berikut 75 teka-teki untuk anak SD, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (30/8).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Spot parkir.

matematika sederhana © 2017 brightside.me

Soal ini diberikan pada anak kelas 1 SD di Hongkong untuk ujian penerimaan siswa. Siswa SD di sana bisa menjawab dalam beberapa detik saja.

2. 4 digit nomor.

matematika sederhana © 2017 brightside.me

Seperti dilansir dari Brightside, anak TK yang diberi soal ini bisa menjawab dalam 10 menit, sedangkan seorang programmer profesional bisa memecahkannya dalam 1 jam.

3. Piramid angka.

matematika sederhana © 2017 brightside.me

Ini adalah soal yang diberikan pada siswa kelas 3 SD di Singapura. Dan mereka bisa memecahkan soal ini hanya dalam waktu beberapa menit saja.

4. Sekotak cokelat.

matematika sederhana © 2017 brightside.me

Nah kalau yang ini adalah salah satu soal Matematika anak SD usia 12 tahun dari Amerika Serikat.

Soal ini bercerita bahwa ada 50 kotak cokelat di dalam kotak. 30 di antaranya adalah berisi karamel, 25 rasa kelapa, 10 lagi adalah permen cokelat dengan isi karamel dan kelapa, dan sisanya adalah cokelat tanpa isi.

Nah pertanyaannya adalah, diagram mana yang menggambarkan kotak cokelat itu dengan benar?

5. Ke arah mana bus ini berjalan?

matematika sederhana © 2017 brightside.me

6. Nah, kok bisa ya?

matematika sederhana © 2017 brightside.me

Nah, silakan cocokkan jawabanmu dengan kunci di bawah ya.

1. Jawabannya adalah 87!

Kamu hanya tinggal membalik gambar dan bisa menemukan urutan parkir mobil tersebut.

2. Jawabannya adalah 2851 = 2.

Ini adalah permainan logika dengan menghitung jumlah lingkaran yang ada di tiap 4 angka. Misalnya angka 6 yang memiliki satu lingkaran, dan angka 8 memiliki 2 lingkaran. Kita bisa melihat angka 6889 memiliki 6 lingkaran. Paham kan?

3. Jawaban untuk D = 1345 dan E = 2440.

Angka paling bawah itu saling berhubungan dengan angka di atasnya. Pertama-tama jumlahkan angka di bawah, yaitu 198 + 263 = 461.

Sekarang kamu melihat angka yang ada di atasnya adalah 446.

Kurangi dua angka ini, yaitu : 461 -446 = 15.

Lakukan pada angka yang lainnya, dan kamu akan selalu menemukan angka 15. Nah inilah kuncinya!

4. Jawabannya adalah diagram B!

Ini hanya menggunakan matematika sederhana:

Berapa jumlah permen karamel yang ada dalan kotak? 30-10 = 20

Jumlah permen kelapa? 25 - 10 = 15

Nah di sinilah kamu bisa menemukan berapa permen yang tidak memiliki isi apa pun: 50 - (20+15+10) = 5.

5. Bus ini berjalan ke kanan karena pintunya ada di sisi yang lain.

6. Untuk memecahkan ini, kamu perlu membayangkan bahwa ini adalah angka Romawi. Jadi 29 dalam angka Romawi adalah 'XXIX', maka dengan kamu mengambil 'I' kamu bisa mendapatkan XXX alias angka 30. Wah!

Gimana? Dengan teka-teki seperti ini bisa jadi trigger tersendiri kan buat kamu agar bisa berpikir dengan logika dan sekaligus berpikir out of the box.

Teka-teki lucu untuk anak SD.

Teka-teki untuk anak SD © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

7. Sapi apa yang bisa nempel di dinding?

Sapiderman.

8. Tiang apa yang segar banget?

Tiang-tiang enaknya minum es buah.

9. Kenapa bebek goreng rasanya enak?

Karena huruf B. Kalau nggak ada huruf B, dijamin nggak ada yang mau dan doyan.

10. Kenapa ayam kalau lagi berkokok matanya merem?

Karena sudah hafal teksnya.

11. Kenapa anak kucing dan anak anjing suka berantem?

Ya wajar sih, namanya juga anak-anak.

12. Gajah naik becak kelihatan apanya?

Keliatan bohongnya.

13. Tikus apa yang cuma punya dua kaki?

Mickey Mouse.

14. Bebek, bebek apa yang kakinya dua?

Ya bebek kan memang kakinya dua.

15. Hewan, hewan air apa yang bunyinya meong?

Gerry siput.

16. Hewan apa yang punya saudara?

Katak, katak-beradik.

17. Burung, burung apa yang suka ke wc?

Burung pipit.

18. Hewan apa yang pentin buat urat nadi?

Ulat, ulat nadi

19. Ikan, ikan apa yang suka berhenti?

Ikan pause.

20. Ayam, ayam apa yang paling besar?

Ayam semesta.

21. Hewan apa yang paling kurang ajar?

Kutu, karena tinggal di kepala manusia.

22. Apakah nama hewan yang paling aneh di dunia?

Belalang kupu-kupu, soalnya kalau siang makan nasi, kalau malam minum susu.

23. Kebo apa yang bikin capek?

Ke Bogor jalan kaki.

24. Coba sebutin hewan apa yang namanya cuma terdiri dari 2 huruf?

U dan G

25. Ikan apa yang jumlah matanya lebih dari 10?

Ikan teri satu kilo.

26. Mobil apa yang gasnya di belakang?

Mobil tukang jual gas elpiji.

27. Ban apa yang sering diincar polisi?

Bandar narkoba.

28. Ban, ban apa yang paling berat?

Bantuin ngedorong mobil mogok.

29. Bebek apa yang jalannya selalu muter ke kiri terus?

Bebek yang dikunci setang.

30. Binatang apa yang sering diinjak-injak orang tapi diem aja?

Zebra cross.

Teka-teki untuk anak SD, bikin mikir keras.

Teka-teki untuk anak SD © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

31. Hewan apa ya yang banyak keahlian?

Kukang. Ada kukang tambal ban, kukang servis motor, kukang ngomporin temen juga ada. Ups.

32. Hewan apa yang sangat patuh kepada peraturan lalu lintas?

Unta, untamakan keselamatan.

33. Apa judul lagu pembunuhan yang sadis?

Potong bebek angsa.

34. Tamunya sudah masuk, tapi yang punya malah keluar. Apakah itu?

Tukang becak lagi narik penumpang.

35. Daun apa yang tidak pernah gugur?

Daun telinga.

36. Apa yang ada di ujung langit?

Huruf t.

37. Tahu kamu malam apa yang sangat mengerikan dan menakutkan?

Maklam-pir.

38. Kenapa pohon mangga yang ada di depan rumah harus ditebang?

Kalau dicabut berat.

39. Aku dibeli untuk makanan. Tapi aku pernah dimakan. Apakah aku?

Piring.

40. Apa nama sebuah benda yang kalau ditutup berubah jadi tongkat, tapi ketika dibuka malah jadi tenda?

Payung.

41. Jika ada 1 kilo batu dan ada 1 kilo kapas, ketika dijatuhkan ke atas kaki, apa yang lebih sakit?

Kaki kita.

42. Ayam apa yang bikin sebel?

Ayamnya habis, tapi nasinya masih banyak.

43. Apakah huruf keempat dalam abjad?

Huruf a.

44. Semakin banyak kamu mengambil, semakin banyak yang tersisa. Apakah itu?

Sidik jari.

45. Lemari apa yang bisa masuk ke dalam saku?

Lema ribuan.

46. Penyanyi yang rambutnya gak lurus?

Ayu keriting.

47. Kenapa Superman bajunya pake huruf S?

Karena kalau pake M atau XL kegedean.

48. Kenapa nyamuk menghisap darah?

Karena nyamuk nggak punya uang untuk beli rokok.

49. Gajah apa yang punya belalai pendek?

Gajah yang pesek.

50. Belut apa yg paling bahaya?

Belut-ang banyak ental bangklut.

51. Kaki seribu kalo belok kiri kakinya berapa?

Tetap 1000, karena belok kiri jalan terus.

52. Apa perbedaan matahari dan bulan?

Di matahari banyak diskon, di bulan nggak ada diskon.

53. Kenapa Sinterklas ketawanya hohoho?

Kalo hihihi kan kuntilanak.

54. Ada bebek 10 dikali 2, jadi berapa?

Jadi 8, soalnya kan yang 2 ada di kali.

55. Saya ada jeruk lima kamu minta minta satu, sisanya berapa?

Ya tetap lima soalnya kamu nggak dikasih.

56. Ikan apa yang punya kepala keras?

Ikan yang lagi pakai helm.

57. Kenapa matahari bisa tenggelam?

Karena matahari tidak bisa berenang.

58. Kenapa kita harus berhenti menuntut ilmu?

Karena ilmu tidak bersalah.

59. Saat di balik akan berkurang 3. Apakah itu?

Angka 9. karena angka 9 kalo dibalik jadi angka 6.

60. Waktu hidup dinyanyikan, pas mati dikasih tepuk tangan?

Lilin ulang tahun.

61. Kera apa yang suci?

Keramat.

62. Masak apa yang ragu-ragu?

Masak iya sih.

63. Apa bahasa Cinanya aneka macam sayur?

Cap cay.

64. Tari apa yang paling menakutkan?

Taring harimau.

65. Truk apa yang hidungnya panjang?

Petruk.

66. Hewan apa yang tidak boleh di POM bensin?

Kodok ngorek (karena takut terbakar).

67. Apa yang dimiliki gajah tetapi tidak dimiliki hewan lain?

Anak gajah.

68. Bermain saat kerja dan kerja saat bermain?

Pemusik/atlet.

69. Kenapa orang lebih suka membeli daripada membuat/produksi sendiri?

Karena pembeli adalah raja.

70. Siapakah yang potong rambut setiap hari tapi tidak botak-botak?

Tukang pangkas rambut.

71. Saat syukuran biasanya kita menyediakan?

Ruangan.

72. Koran disebut surat?

Salah (Masak koran disebut surat, salah dong).

73. Cuci piring harus?

Sadar.

74. Seorang pejabat akan terkena masalah kalau tersangkut?

Jemuran.

75. Bertamu lebih dari 2x24 jam harus?

Makan.

(brl/swh)