Brilio.net - Khasiat air alkali yang dihasilkan oleh mesin Kangen Water tidak terbukti bisa mengobati masalah kesehatan. Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan Nila Moeloek setelah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menelaah iklan yang berisi manfaat Kangen Water bagi kesehatan.

Kemenkes pun melarang PT Enagic Indonesia, selaku perusahaan produsen mesin Kangen Water mengklaim produknya dapat menyehatkan dan atau menyembuhkan penyakit.

"Kita menegur agar (PT Enagic Indonesia) tidak mengeluarkan iklan yang belum membuktikan manfaatnya," katanya Nila Moeloek, dilansir brilio.net dari laman Antara, Sabtu (25/11).

Nila mengimbau masyarakat agar tidak terpengaruh dengan brosur yang mengklaim Kangen Water bisa berfungsi sebagai sarana pengobatan atau mampu mengobati berbagai penyakit.

Sebelumnya pada tanggal 10 November 2017, di media sosial sempat heboh beredar surat berita acara pemeriksaan dari Direktorat Jenderal Kefarmasian Dan Alat Kesehatan, Kemenkes RI terhadap PT Enagic Indonesia selaku produsen mesin Kangen Water.

Dalam surat tersebut, Kemenkes memerintahkan PT Enagic Indonesia untuk menarik semua brosur soal khasiat Kangen Water yang beredar di masyarakat.

Dan berikut isi surat tersebut:

1. Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water yang 'telah diakui negara' (Kementerian Kesehatan RI).
2. Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water sebagai 'medical device'.
3. Tidak boleh mengklaim bahwa produk mesin ionisasi (water elekrtolisis) sebagai produk yang dapat 'menyehatkan dan/atau menyembuhkan'.