Brilio.net - Air berkualitas merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik kimia, fisika, dan biologi dari air, untuk tujuan tertentu.

Bukan hal yang mudah untuk mengatakan bahwa 'air ini baik' atau 'air itu buruk'. Bisa jadi hal itu tergantung penggunaan, misalnya air baik untuk mencuci mobil, tapi jelas tidak higienis untuk dokter yang melakukan operasi.

Seperti dilansir brilio.net dari quality-drinking-water.com, Rabu (22/4), untuk menentukan kualitas air para ilmuwan pertama kali mengukur dan menganalisa karakteristik air tersebut. Misalnya suhu, kandungan mineral terlarut, dan jumlah bakteri. Karakteristik yang dipilih kemudian dibandingkan dengan standar numerik dan pedoman untuk memutuskan apakah air cocok untuk penggunaan tertentu.

Fakta soal air minum berkualitas yang seharusnya kamu minum tiap hari

Nah, bagaimana kualitas air dapat mempengaruhi kehidupanmu?

Kualitas air itu sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain pembangunan perkotaan dan industri, pertanian, pertambangan, pembakaran bahan bakar fosil, operasi makanan hewan, dan aktivitas manusia lainnya.

Misalnya saja, pemberian pupuk pada tanaman. Nutrisi dari pupuk tersebut akan terserap ke tanah dan menunjang pertumbuhan tanaman tersebut. Tapi di sisi lain, pupuk memberikan efek terhadap rendahnya oksigen di dalam air tanah yang terbawa ke sungai dan danau. Dengan begitu, bisa berbahaya untuk makhluk hidup di sungai atau danau tersebut, misalnya bisa membunuh ikan.

Kasus lain adalah banyaknya limbah rumah tangga dan industri yang bisa mempengaruhi kualitas air tanah. Bukan hanya berdampak pada ikan, tapi juga manusia yang mengonsumsi olahan dari air tanah tersebut. Bukankah air yang kita minum berasal dari air tanah? Hal inilah yang mempengaruhi kesehatan kita.

Zat-zat kimia dalam air (jika benar sudah terkontaminasi berbagai macam limbah tadi) yang bisa menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh misalnya klorin, timbal, atau arsenik. Belum lagi ada mikroorganisme seperti bakteri dan protozoa seperti kripto juga bisa meningkatkan risiko kesehatan.

Dengan banyak faktor yang mempengaruhi kualitas air, maka perlu penyaringan berkualitas tinggi untuk memperbaiki kualitas air minum kita.