Brilio.net - Mbah Sumilah, nenek telantar yang juga mengasuh bayi berusia tiga bulan viral di dunia maya. Perjuangan Mbah Sumilah menjaga dan merawat cucunya Dila Putri sendirian dengan berbagai keterbatasan bikin warganet terharu. Ia rela merawat bayi masih merah itu demi mencegahnya dibuang oleh ibu kandungnya.

Saat ini Mbah Sumilah ditampung di rumah Kapolsek Imogiri Kompol Purwadi. Menurut Kompol Purwadi, saat pertama kali dibawa ke Mapolsek Imogiri, kondisi bayi Dila kekurangan gizi. Bahkan yang lebih bikin warganet mengelus dada, Dila sejak lahir hanya diberi minum air putih dan teh.

"Jadi waktu itu ceritanya, si ibu yang punya bayi melahirkan. Rencana mau dibuang, tapi ketahuan sama mbah buyutnya (Sumilah). Mau dibuang karena malu, tapi akhirnya dirawat sama buyutnya (Sumilah)," kata Kapolsek Imogiri, Kompol Purwadi kepada brilio.net, Jumat (19/1) lalu.

Sejak video yang diunggah brilio.net ini viral, Kompol Purwadi mengaku banyak orang menghubunginya untuk memberikan bantuan tempat tinggal kepada Mbah Sumilah. Namun sayang, di lain pihak warga dari kampung Mbah Sumilah berasal belum ada yang datang menjenguk.

Loading...

Hingga saat ini kasus penelantaran Dila Putri oleh ibunya masih dalam tahap penyelidikan. Kapolsek Imogiri tersebut berharap ibu dari Dila bisa terketuk hati dan menemui buah hatinya.

Video Mbah Sumilah dan cucunya yang viral juga mengundang haru warganet. Tak sedikit warganet yang menetes air mata mengetahui perjuangan Mbah Sumilah.

"Emi Allah sy mneteskn air mata dngr kisah nya...kasian bnget..apa salah bayi itu..dia g minta d lahirkn...alhamdulillah brsyukur ada orng mau nolongin pd akhirnya...," komentar @Lusi Sukmawati.

"Saya lbh kasihan sama si mbahnya.ya allah liat mukanya ajah udah pgin nangis...(sedih sekali).pdhl syurga itu adanya di bawah kaki ibu,klo sikapnya ajah sama ibunya begitu.bagaimana mau mendptkan syurga...??" komentar @Yeyen Ira.