Brilio.net - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan mobil Sapuangin XI Evo 1 yang akan diikutkan di kompetisi rancang-bangun kendaraan di Shell Eco Marathon Asia 2017 di Singapura pada 16-19 Maret 2107. Kendaraan itu adalah paling irit BBM dan paling aerodinamis.

"Sapuangin XI Evo 1 ini diharapkan meraih prestasi sempurna," ujar salah seorang tim Sapuangin, Faizal Ibrahim, kepada wartawan di sela peluncuran di Frontage Road Ahmad Yani Surabaya, sebagaimana dilansir Antara.

Dalam acara itu, Rektor ITS Surabaya, Prof Ir Joni Hermana MSc ES, yang didampingi ketua majelis wali amanah ITS, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, dan disaksikan ketua pengurus pusat ikatan alumni ITS, Dwi Soetjipto, serta Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

Sapuangin merupakan generasi mobil irit bahan bakar hasil inisiasi mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ITS. Dalam perjalanannya, Sapuangin rutin meraih prestasi selama keikutsertaannya, termasuk menjadi juara I dalam ajang EcoShell Marathon Challenge Asia 2016 di Filipina, juga pada 2015 juga mendapat juara pertama di kelas urban concept kategori diesel.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penggalangan dana untuk menambah kebutuhan tim Sapuangin berkompetisi, antara lain melelang kaos bertanda tangan Gus Ipul, Joni Hermana, dan M. Nuh.

Loading...

Hasilnya, kaos yang langsung ditandatangani Gus Ipul terjual Rp 40 juta, serta replika mobil yang juga ditandatangani laku seharga Rp 10 juta.