Brilio.net - Dunia otomotif tak hentinya berinovasi dengan produk andalannya. Tidak hanya dari segi bentuk dan manufakturnya, kini inovasi otomotif juga menerapkan sentuhan inovasi sistem teknologi canggih. Tujuannya tentu saja agar lebih meningkatkan kemanan serta kenyamanan pengemudinya. Dikutip dari Laman Tech Insider, Rabu (27/4), sedikitnya ada 7 teknologi dahsyat yang akan terkoneksi dengan mobil-mobil di masa depan:

1. Alarm pencegah tabrakan

teknologi inovasi mobil  © 2016 brilio.net

foto: Alarm

Teknologi pengingat benturan ini secara tidak langsung akan memberikan tambahan jangkuan mata pengemudi. Ketika hal tak terduga terjadi dan tidak diketahui oleh mata maka sensor alarm ini akan berbunyi memberikan nada peringatan. Dengan demikian maka akan mencegah atau minimal memperkecil dampak benturan yang terjadi pada mobil. Beberapa yang sudah menerapkan teknologi ini adalah Subaru, Jeep, Volvo, Toyota dan Nisan.

2. Auto Android Infotainment & AppleCar Play

teknologi inovasi mobil  © 2016 brilio.net

foto: AppleCar Play

Menggunakan handphone saat mengemudikan mobil selain berbahaya tentu saja melanggar aturan lalu lintas. Dibanyak negara termasuk Indonesia melarang keras seorang pengemudi menggunakan handphone saat mengemudi. Ke depan perusahaan Apple dan Google akan membuat sistem tersendiri, yang akan membuat seluruh aplikasinya terkoneksi dengan perangkat di mobil. Untuk saat ini sudah ada sekitar 100 mobil yang terkoneksi dengan AppleCar dan Android Auto Infotainment.

3. Turbochargers

teknologi inovasi mobil  © 2016 brilio.net

foto:  Turbocharger

Turbocharger biasanya digunakan dalam mobil untuk menghasilkan kemampuan laju yang lebih efisien dengan hasil tenaga lebih kuat. Turbocharger ini merupakan sebuah pompa kompresor yang digerakan oleh tenaga turbin melalui mesin pembuang gas dalam mobil. Turbochargers mampu mendorong udara dalam mesin sehingga menggerakan mesin lebih cepat dibandingkan mesin biasa.

4. Charger wireless untuk handphone

teknologi inovasi mobil  © 2016 brilio.net

foto: Charger wireless

Tentu kamu akan lebih efisien jika charge handphone tanpa menggunakan kabel. Apalagi jika di mobil, charge wireless tentu saja akan berguna bagi pengemudi mobil di mana saja berada. Memang belum banyak dipakai teknologi masa depan ini, akan tetapi General Motors Corporation sudah memulai inovasi tersebut.

5. Augment Reality

teknologi inovasi mobil  © 2016 brilio.net

foto: Augment Reality

Teknologi ini merupakan panduan bagi pemilik mobil, untuk mengetahui bagian mana dan fungsi komponen-komponen yang ada di mobil. Teknologi ini semacam buku panduan dalam bentuk digital, yang diciptakan untuk mengedukasi pemilik mobil. Salah satu perusahaan yang sudah menggunakan inovasi 'Panduan Digital' ini adalah Hyundai. Keren ya?

6. Lampu LED mobil

teknologi inovasi mobil  © 2016 brilio.net

foto: LED mobil

Teknologi lampu LED mobil ini akan memberikan tingkat cahaya yang lebih terang dan jelas dibandingkan lampu sebelumnya (lampu halogen). Seperti lampu di rumah dan gedung-gedung, lampu halogen ini mulai ditinggalkan karena masyarakat beralih ke lampu LED. Begitu juga dengan lampu dalam mobil, ke depan lampu mobil akan menggunakan lampu LED karena dinilai lebih hemat dan lebih unggul kualitasnya.

7. Infotainment App

teknologi inovasi mobil  © 2016 brilio.net

foto: Infotainment

Inovasi aplikasi infotaiment ini merupakan keniscayaan. Jika dulu mobil hanya bisa diberi hiburan radio dan kaset saja, kini sudah bisa televisi dan infotaiment lainnya diberikan. Ke depan mungkin akan ada mobil yang memiliki kemampuan yang mirip laptop, seperti browshing dan memiliki kemampuan menyimpan data yang besar. Tinggal tunggu waktunya saja.