Brilio.net - Wacana pemindahan Ibu kota Jakarta ke daerah lain tengah ramai diperbincangkan. Pemerintah tampaknya tak main-main. Beberapa kajian disampaikan untuk mendukung wacana tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan jika pemindahan ibu kota masih sekadar kajian. Bocorannya ada tiga provinsi yang tengah dijajaki.

"Apakah ibu kota negara akan pindah? Pindah ke mana? Begini. Wacana pemindahan ibu kota Negara Indonesia sampai dengan saat ini masih berada pada tahap kajian. Di acara Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah di Balikpapan, Kalimantan Timur yang saya hadiri siang ini saya sampaikan, ada tiga provinsi yang sedang dikaji lebih dalam," kata Jokowi lewat status di akun Facebooknya dikutip brilio.net, Kamis (13/7).

Lanjut dia, provinsi yang bakal dijadikan ibu kota baru juga masih rahasia. Hal ini untuk menjaga agar tanah di provinsi tersebut tidak dimainkan para spekulan.

"Provinsi mana saja, tentu tidak akan saya buka. Hal ini untuk meminimalisir harga tanah yang dapat melambung tinggi akibat aksi para spekulan. Pemindahan ibu kota memerlukan kalkulasi mendalam dari berbagai aspek: sosial politik, infrastruktur, dan perekonomian. Semua dihitung, kemudian baru diketahui kebutuhan biayanya. Itu menyangkut biaya yang banyak," pungkasnya.

Loading...