Brilio.net - Berita dan hiburan gratis. Pernah dengar istilah tersebut? Dulu ada anggapan orang untuk mendapatkan berita atau hiburan bisa diperoleh secara gratis. Caranya, tinggal hidupkan radio.

Ya jauh sebelum munculnya era televisi atau digital (internet) seperti sekarang, radio menjadi media bagi banyak orang untuk mendapatkan informasi dan hiburan.

Di saat banyak orang memprediksi radio bakal mati karena perkembangan digital, ternyata hal itu tidak terjadi. Sampai saat ini, posisi radio belum tergantikan sebagai media yang mampu menemani pendengarnya.

Banyak pendengar yang menikmati siaran radio saat di perjalanan ketika berkendara. Malah radio pun mengikuti perkembangan zaman, masuk ke ranah digital.   

Siaran Radio © 2021 brilio.net

Tak heran jika radio sampai saat ini disebut sebagai media yang bisa memberikan kebahagiaan pada pendengarnya. Apalagi saat ini, di tengah berbagai keterbatasan ruang gerak masyarakat akibat merebaknya pandemi, hiburan menjadi salah satu cara untuk menjaga pikiran banyak orang tetap positif dan optimistis.

Hal inilah yang dilakukan Masima Radio Network dalam menebarkan kebahagiaan bagi pendengar serta memberikan manfaat kesehatan yang jauh lebih luas dengan menghadirkan radio-show multi-brand terbesar di Indonesia lewat program morning show dan afternoon show prime time yang disiarkan serentak di 3 brand radio Masima Radio Network yaitu Delta FM, Bahana FM, dan Female Radio, di 8 kota, Jakarta, Medan, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surabaya, Makassar dan Manado.

“Kami menyadari radio punya peran besar membangun mood pendengar. Karena itu kami ingin ambil bagian dalam memberikan dukungan bagi pendengar di masa penuh tantangan ini untuk tetap optimistis, bersemangat dan fokus pada hal baik. Melalui radio show multi brand kami ingin menjadi penghubung antara pendengar dengan dunia, menghindari rasa terisolasi, serta menumbuhkan perasaan bahagia. Kami mengajak masyarakat untuk just be good & do good,” ujar Evan Perdana, Head of Content & Promotion Masima Radio Network.

Siaran multi brand program Good Morning Indonesia dan Afternoon Feel Good yang juga dapat dinikmati melalui streaming akan digawangi tiga penyiar yang sudah sangat dikenal pendengar, yakni Ben Kasyafani, Sissy Prescillia, dan Nino Kayam. Latar belakang yang berbeda antara ketiganya, dari aktor, presenter, musisi, single, dan menikah serta telah menjadi orang tua, justru memberikan warna yang kaya dan sudut pandang yang berbeda.

Siaran Radio © 2021 brilio.net

Program radio yang mulai disiarkan sejak 4 Januari 2021 ini mengudara setiap Senin hingga Jumat, pukul 06.00 - 10.00 WIB.  Sementara program afternoon show Afternoon Feel Good yang dipandu Enno Lerian dan Danar Gumilang disiarkan setiap Senin hingga Jumat, pukul 16.00 - 20.00 wib, mulai 1 Februari 2021.

Ben Kasyafani, penyiar Good Morning Indonesia sekaligus aktor, presenter dan ayah, berbagi sudut pandang. Menurutnya, menjalani profesi sebagai penyiar terutama dalam situasi sekarang membuat ia merasa lebih content dan ada sebersit rasa bangga karena bisa menjadi teman di masa sulit bagi pendengar.

“Kesepian dan merasa sendiri rasanya bukan kombinasi yang baik untuk menjalani masa yang penuh tantangan ini. Melalui Good Morning Indonesia bersama Sissy dan Nino, kami berkesempatan menghilangkan rasa sepi dan terisolasi, memberikan informasi berharga dan menghadirkan kegembiraan yang sangat diperlukan untuk bertahan menjalani hari yang berat. Terjadi proses timbal balik, dimana gelak tawa bahagia yang dirasakan pendengar terefleksi dan akhirnya turut menjadi kebahagiaan bagi kami juga,” kata Ben.

Sementara menurut psikolog dan peneliti perilaku konsumen Retno Dewanti Purba, kesehatan menjadi satu fokus yang sangat penting saat ini. Tak hanya kesehatan fisik, tapi tentunya juga kesehatan jiwa, karena keduanya merupakan satu kesatuan. Memastikan bahwa kita berada dalam kondisi sehat jiwa semestinya dilakukan dengan sungguh-sungguh agar bisa menjalani masa sulit ini dengan lebih positif, gembira dan bahagia dan pada ujungnya membantu terjaganya imunitas tubuh.

“Saat ketegangan dan kecemasan menjadi beban yang berat, ada baiknya kita mencoba mencari kegiatan yang bersifat menurunkan ketegangan dalam diri, yang menghadirkan perasaan tidak sendiri, membangun mood yang baik dan nyaman berada di rumah,” ujar Retno.

Siaran Radio © 2021 brilio.net

Dari sekian banyak media untuk memberikan mood positif, radio bisa dijadikan salah satu pilihan yang baik untuk memberikan efek tersebut. Menghibur diri dengan mendengarkan musik yang enak sambil ditemani percakapan-percakapan yang menyamankan dari program radio bisa memberi efek baik dan positif terhadap diri.

Lessons learned selama ini menempatkan radio sebagai salah satu media yang bisa menjadi ‘teman’ seperjalanan bagi pendengarnya. Ada efek ‘companionship’ yang didapatkan karena menemani di banyak situasi dan aktifitas sekaligus dapat menimbulkan rasa ‘terhubung’ dengan dunia luar. 

Good Morning Indonesia dan Afternoon Feel Good  menyasar target dewasa muda Indonesia (25 hingga >39) dengan komposisi laki-laki dan perempuan yang seimbang ini telah memiliki lebih dari 2 juta pendengar dengan value positif seperti fun, friendly, up to date dan tentu relatable dengan kondisi dan situasi sekarang ini.