Brilio.net - Waktu berjalan begitu cepat, tak terasa sudah satu tahun Indonesia dalam kondisi pandemi virus corona. Virus corona pertama kali terdeteksi di Indonesia pada 2 Maret 2020 dengan menyerang satu keluarga, terdiri dari Sita Tyasutami, Maria Darmaningsih, dan Ratri Anindyajati.

Sejak itu, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus yang sudah merenggut banyak korban dari berbagai kalangan ini. Dilansir brilio.net dari Instagram @jokowi pada Selasa (2/3), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, saat ini pemerintah masih terus berupaya mengendalikan pandemi Covid-19 melalui banyak kebijakan.

Jokowi menjelaskan beberapa upaya yang saat ini dilakukan oleh Pemerintah untuk melawan Covid-19. "Pemerintah terus berupaya mengendalikan pandemi Covid-19 melalui sejumlah kebijakan, antara lain berupa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro dengan melibatkan perangkat pemerintahan hingga unsur terkecil di tingkat RT/RW," tulis Jokowi.

satu tahun hadapi Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@jokowi

Loading...

Salah satu langkah melawan Covid-19 yang kini tengah dilakukan Indonesia adalah program vaksinasi. Dilansir dari liputan6.com, ketercapaian kekebalan kelompok (herd immunity) dengan vaksinasi akan mengembalikan ke keadaan normal. Pejabat penyakit menular Amerika Serikat, Anthony Fauci mengatakan, memvaksinasi 70-85 persen populasi akan memungkinkan situasi kembali ke keadaan normal (bebas dari Covid-19).-Program vaksinasi masal pun sudah mulai dilakukan pada 13 Januari 2021 dengan menyasar para tenaga kesehatan.

satu tahun hadapi Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@jokowi

"Vaksinasi massal nasional telah kita mulai 13 Januari lalu dengan menyasar para tenaga kesehatan. Pada tahap kedua yang kini berlangsung, vaksinasi ditujukan untuk 16,9 juta pelayan dan pekerja publik, serta 21,5 juta penduduk lanjut usia," lanjutnya.-Jokowi juga tak bosan mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.-"Pada saat yang sama, kita semua tetap harus disiplin melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak," pungkasnya.