Brilio.net - Virus corona bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali selebriti Tanah Air. Penderitanya bisa saja mengalami tanda-tanda gangguan kesehatan, seperti sesak napas, batuk dan lain sebagainya, atau bahkan tanpa gejala.

Sederet artis Tanah Air, dari mulai presenter, penyanyi, aktris, hingga pendakwah pun dinyatakan telah terpapar Covid-19 sepanjang tahun 2020 hingga awal tahun 2021. Meski begitu, mereka tak menyerah begitu saja. Mereka berhasil melawan virus corona sehingga akhirnya dinyatakan negatif.

Saat divonis terpapar virus corona, beberapa artis pun menunjukkan beberapa gejala, ada yang demam, sesak napas, bahkan muncul bercak merah pada wajah. Setelah dinyatakan negatif, kini mereka sudah kembali menjalani aktivitas seperti biasanya.

Berikut kisah perjuangan 17 seleb yang berhasil sembuh dari virus corona, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (13/1).

Loading...

1. Gilang Dirga.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@gilangdirga

Gilang dinyatakan terpapar virus corona pada 20 Desember 2020 lalu. Gilang dinyatakan positif virus corona dengan status OTG, sehingga dirinya bisa melakukan isolasi mandiri di kantor pribadinya. Dirinya menuturkan, dari kelima orang yang tinggal di rumahnya, Gilang dan sang manajer yang dinyatakan positif Covid-19. Sedangkan, ketiga orang lainnya termasuk sang istri, Adiezty Fersa mendapatkan hasil negatif.

Karena Gilang juga mengidap darah tinggi, dirinya juga harus mengonsumsi obat Amlodipine Besilate untuk mengontrol tekanan darahnya. Gilang bahkan menyiapkan alat tensi untuk mengetahui tekanan darahnya, alat pendeteksi kadar oksigen dalam tubuh dan termometer. Di hari kesembilan isolasi mandiri, Gilang melakukan tes swab PCR kembali pada tanggal 29 Desember. Namun hasilnya baru bisa keluar pada tanggal 30 Desember. Dari tes tersebut, Gilang dinyatakan telah sembuh dari virus corona.

2. Dea Annisa.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@deaaannisa

Dea Annisa dinyatakan positif Covid-19 saat hendak pergi liburan tahun baru. Setelah melakukan tes swab, Dea dibuat terkejut melihat hasilnya. Dari tes yang ia lakukan, Dea dinyatakan positif terpapar virus corona.

Sebelumnya, Dea mengalami demam dan batuk, namun tidak terbesit di pikirannya bahwa kondisi tersebut adalah salah satu dari beberapa gejala seseorang terpapar virus corona. Sehingga Dea hanya menganggap demam dan batuk yang dialaminya hanya efek tubuhnya terlalu lelah karena kurang istirahat. Meski begitu, Dea merasa bersyukur memiliki keluarga dan manajemen yang cepat mengambil tindakan untuk Dea.

Dari pengalamannya, Dea mengingatkan bahwa virus corona nyata adanya dan mengimbau untuk tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan panik ketika ada keluarga terkena virus corona.

"Covid is real, is there..you can't see it, but is there. Jadi kalian harus tetep patuhi protokol kesehatan, harus pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, do that. Dan kalau misalnya ada keluarga, temen atau saudara yang terkena Covid-19, jangan panik, tenang, usaha bantuin apa yang mereka butuhin," pesan Dea.

3. Maia Estianty.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@MAIA ALELDUL TV

Maia dinyatakan positif virus corona pada 20 Desember 2020 lalu. Maia berstatus OTG karena tidak ada gejala virus corona yang muncul dari tubuhnya. Dirinya terpapar virus tersebut selang 3 hari makan malam bersama teman-temannya. Dengan kejadian itu, Maia Estianty harus cuti menjadi juri Indonesian Idol dan digantikan oleh juri lain.

Setelah dinyatakan positif terpapar Covid-19, Maia memutuskan untuk menjalani isolasi mandiri, yaitu di rumahnya tepatnya di kamar Al Ghazali, di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Maia mendapatkan kiriman suster dan obat-obatan dan suaminya, Irwan Mussry agar cepat sembuh. Karena mendapatkan perawatan intens, padar hari kedua isolasi mandiri, yakni 21 Desember 2020 Maia Estianty kembali melakukan SWAB PCR. Dari tes tersebut, menunjukkan hasil bahwa Maia sudah negatif virus corona. Itu artinya, virus corona hanya mampu bertahan ditubuhnya selama 1x24 jam saja.

4. Pevita Pearce.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@pevpearce

Aktris Pevita Pearce membuat publik terkejut setelah mengumumkan bahwa dirinya positif Covid-19. Tak hanya publik saja, Pevita juga terkejut bagaimana bisa terpapar virus tersebut, melihat pola makan dan gaya hidup sehat yang ia terapkan selama ini.

"Sebagai seseorang yang menjaga pola makan sehat, vitamin, rajin berolahraga, dan mengikuti semua protokol kesehatan yang ada, aku terkejut bisa positif Covid-19," tulis Pevita dalam unggahan Instagramnya.

Dalam postingan tersebut, dia mengaku sudah lima hari menjalani perawatan Covid-19. Setelah itu Pevita kembali mengumumkan bahwa dirinya sudah sembuh dari Covid-19 pada Jumat (1/1/2021)

"Salah satu dari banyak akhir bahagia di 2020. Aku sudah dinyatakan negatif (covid-19) tapi positif untuk melihat masa depan di 2021," tulisnya di postingan tersebut.

5. Ustaz Yusuf Mansur.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@yusufmansurnew

Pendakwah Yusuf Mansur menyatakan dirinya terinfeksi virus corona pada (10/12/2020). Saat dinyatakan positif terinfeksi virus corona, ustaz mengalami gangguan pernapasan seperti sesak nafas dan batuk. Dalam kondisi tersebut, sang ustaz bahkan merasa dirinya seperti baterai HP yang dayanya tinggal 10 persen. Hal tersebut terjadi karena paru-paru dan organ pendukung lainnya sedang dalam kondisi yang tidak normal karena virus. Sehingga saat bernapas, akan terasa sangat sakit.

Karena pernapasan terganggu, ustaz Yusuf bahkan sampai tak bisa mengaji, tilawah, dan murattal dengan lancar seperti saat sehat. Dirinya harus benar-benar mengatur nafasnya dan dimbangi dengan latihan bernapas dengan ringan.

Setelah mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit sampai beberapa hari, ustaz Yusuf akhirnya mengabarkan bahwa dirinya sudah sembuh dari Covid-19 melalui akun Instagramnya pada (23/12/2020). Ustaz pun senang karena akhirnya diperbolehkan pulang ke rumah. Ustaz Yusuf Mansur kemudian sujud syukur di ruang perawatan. Setiba di rumah ia mengaku akan melanjutkan isolasi mandiri.

"Makasih doa2nya yaaaa. Mudah-mudahan beberapa hari lagi swab, negatif bener2-bener dan bersih. Sehat selamanya sampai akhir hayat. Begitu juga kawan-kawan semua,"tulis ustaz Yusuf Mansur.

6. Sinyorita.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sinyoritaesperanza

Setelah kurang lebih tiga minggu berjuang melawan virus corona Covid-19, tes swab Sinyorita akhirnya dinyatakan negatif. Seleb sekaligus penyiar radio ini sempat menjalani 20 hari isolasi dengan terpisah dari keluarganya.

"Alhamdulillah NEGATIF. Pas bgt hari ini genap 20 hari isolasi mandiri, ngerasain gmn disayangnya sm Allah, disayangnya sm keluarga dan sahabat," tulis Sinyorita dalam caption unggahannya.

Bukan pengalaman yang mudah bagi Sinyorita untuk berkumpul dengan keluarga. Ia selalu meyakinkan diri agar bisa sembuh dari Covid-19 yang telah merenggut jutaan nyawa manusia.

"Tidak mudah tapi juga pantang menyerah. Yuk bs yuk pejuang negatif. Yg msh fight smangat terus, sampe keok itu virus," lanjut Sinyorita di postingan lainnya, Sabtu (26/12).

7. Dewi Perssik.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dewiperssikreal

Pedangdut Dewi Perssik sempat tak tampil di depan kamera selama satu bulan. Hal ini dikarenakan dirinya terpapar virus corona dan mengalami gjala langka. Tubuh Dewi Perssik mengalami bercak merah di tubuhnya. Bercak merah tersebut tampak meluas di daerah wajah dan leher.

Bersyukur, Dewi Perssik mengatakan dirinya sudah negatif Covid-19. Dirinya mengambil pelajaran berharga dari pengalaman tak menyenangkan ini.

"Alhamdulillah Allah masih kasih kesempatan aku untuk sehat aku sekarang sembuh, aku salah satu org yg beruntung untuk sembuh, aku sudah cek dua kali negatif alhamdulillah," ujarnya.

"Nah ini jadi bahan renungan buat kita semua dan teguran buatku juga untuk menggugurkan dosa2ku, dan bahwa covid itu nyata," renungnya.

8. Dinda Kanyadewi.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dindakanyaa

Dinda Kanya Dewi menambah deretan seleb Tanah Air yang terpapar virus corona. Ia dinyatakan positif Covid-19 pada November lalu. Kondisi tersebut tentu membuatnya terpuruk hingga ia terus memotivasi diri guna membangkitkan semangat, agar bisa kembali pulih. Usai menjalani perawatan dan karantina selama 24 hari, ia akhirnya dinyatakan sembuh.

"Sudah berakhir, akhirnya berakhir. Setelah isolasi, akhirnya," ucapnya.

Tak hanya mereka saja, sederet selebriti seperti ustaz Yusuf Mansyur, Pevita Pearce, dan Nirina Zubir kini juga tengah berjuang dengan menjalani serangkaian perawatan untuk sembuh dari virus corona.

Kita doakan semoga mereka lekas sembuh dan virus corona bisa segera hilang selamanya.

9. Melaney Ricardo.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@melaney_ricardo

Melaney Ricardo sempat membuat banyak orang penasaran mengenai kondisi kesehatannya. Rupanya, presenter cantik ini terserang virus corona.

Setelah dinyatakan positif, Melaney bergegas mencari rumah sakit untuk melakukan karantina dan pengobatan selama dua minggu. Setelah berjuang, Melaney akhirnya bisa sembuh dari Covid-19.

10. Mamah Dedeh.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@rumahmamahdedeh_tvone

Pendakwah Dedeh Rosidah atau yang akrab disapa Mamah Dedeh juga terinfeksi virus corona. Mamah Dedeh tengah menjalani perawatan di rumah sakit setelah dinyatakan positif corona Covid-19. Diungkapkan Abdel, dai berlogat Sunda-Betawi tersebut kini sudah pulih dan diperbolehkan untuk pulang.

"Sudah pulih dan sekarang sudah boleh pulang, sudah bisa bercanda-canda kok," kata Abdel seperti dilansir dari Liputan6 beberapa waktu lalu.

11. Iis Sugianto.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@iis.sugianto_

Selain Elvy Sukaesih, penyanyi senior Iis Sugianto juga sempat positif Covid-19 sekitar Agustus 2020 dan menjalani perawatan selama tiga minggu. Hal ini berawal dari kondisi Iis yang tiba-tiba panas dan langsung memeriksakan dirinya ke rumah sakit. Beruntungnya, Iis Sugianto mendapatkan dukungan penuh dari keluarga dan anak-anaknya, agar semangat sembuh.

"Banyak support doa dari keluarga terutama saudara kandung saya, anak saya, harus kuat harus sembuh, hal itu yang membuat saya semangat, saya pas waktu itu belum bisa saya berbagi tapi kalau sama keluarga anak saya bisa berbagi, merekalah yang memberikan saya support, saya bener-bener pasrah. Saya berusaha sembuh berdoa dan minta petunjuk," tutur Iis Sugianto di salah satu unggahan akun Instagramnya.

12. Piet Pagau.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Kapanlagi.com

Aktor senior Piet Pagau terpapar virus covid-19 pada Agustus 2020 lalu. Paman Raffi Ahmad itu dinyatakan positif setelah melakukan swab test jelang syuting. Ia termasuk dalam kasus OTG (Orang Tanpa Gejala) dan harus menjalani perawatan lebih lanjut di rumah sakit selama 9 hari.

"SEKILAS INFO. Berkat dukungan doa dan dukungan moril dari Kerabat dan Sahabat, saya setelah 9 hari dirawat, tgl.13 Sept telah keluar dari RS," tulisnya seperti dilansir dari Liputan6.

13. Elvy Sukaesih.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@elvy_sukaesih

Ratu dangdut Elvy Sukaesih sempat dinyatakan positif corona. Mengetahui hal tersebut, Elvy pun harus menjalani perawatan intensif di RSPI Bintaro selama 19 hari. Hingga kemudian kondisinya berangsur membaik dan diperbolehkan pulang ke rumah.

"Alhamdulillah wa syukurilah hari ini malam ini adalah malam ke-11 Umi Elvy yang saya cintai yang kita semua cintai kembali berada di rumah saya setelah hampir 19 hari ya 9 hari 19 hari dirawat di Rumah sakit Pondok indah Bintaro," kata putri Elvy Sukaesih seperti dilansir dari Liputan6.

14. Nunung.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@nunung63.official

Komedian Nunung akhirnya bisa kembali beraktivitas seperti biasa setelah dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19. Sebelumnya, ia menjalani perawatan selama 10 hari di rumah sakit dan isolasi mandiri di rumah selama 10 hari. Anggota Srimulat ini pun merasa bersyukur bisa beraktivitas kembali.

"Alhamdulillah puji syukur sudah diberi kesehatan. Senang sudah pulih sudah beraktivitas lagi," ucap Nunung seperti dilansir dari Liputan6.

15. Twindy Rarasati.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@twindyrarasati

Pembawa acara dan artis peran Twindy Rarasati juga terpapar virus corona. Agar bisa sembuh, Twindy pun harus beristirahat sejenak dari aktivitasnya dan menjalani perawatan sementara. Hingga pada 2 Mei, ia membagikan kabar yang membuatnya bahagia, dengan dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Terima kasih teman-teman atas bantuan doanya. Alhamdulillah saya sudah boleh melanjutkan isolasi mandiri di rumah dan sudah dinyatakan sembuh. Semoga teman-teman yang sedang melalui proses yang sama dengan saya, tetap diberikan semangat yang luar biasa," ungkapnya.

16. Detri Warmanto.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@detriwarmanto

Tak berbeda jauh dengan pesinetron Cinta Fitri dan Kepompong, Detri Warmanto juga sempat dinyatakan positif virus corona. Setelah isolasi selama dua minggu, Detri pun mengumumkan hasil tesnya yang negatif. Ia mengunggah hasil 2x rapid test melalui Instagram Story pada 31 Maret lalu.

17. Andrea Dian.

17 seleb sembuh dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@andreadianbimo

Pemain FTV, Andrea Dian harus menjalani perawatan dan isolasi di Wisma Atlet selama tiga minggu, sejak dinyatakan positif corona pada 22 Maret lalu. Semangat juang istri dari Ganindra Bimo ini pun tak pernah padam. Hingga akhirnya, ia berhasil sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah.

"Hi teman2 semua, setelah melewati 3 minggu perawatan, akhirnya aku DISEMBUHKAN dari covid-19. Tuhan angkat semua virus di tubuhku, dan 2 hasil test terakhirnya baik! Aku 2x dinyatakan (-) dari covid-19," tulisnya.