Brilio.net - Siapa bilang anak muda selalu cuek dengan kondisi sekitar. Buktinya, banyak juga tuh anak muda yang peduli dengan lingkungan. Mereka ramai-ramai bikin wirausaha sosial demi kepentingan masyarakat di lingkungannya.

Nah, untuk mendukung makin maraknya gerakan wirausaha sosial di kalangan muda, PT Bank DBS Indonesia melalui DBS Foundation, bekerja sama dengan UKM Center Fakultas Ekonomi Budaya (FEB) Universitas Indonesia (UI) meluncurkan eBook 'Berani Jadi Wirausaha Sosial?' baru-baru ini. Buku ini sejatinya bentuk dukungan terhadap pengembangan kewirausahaan sosial di Indonesia.

Buku wirausaha sosial  © 2017 brilio.net

foto: dok. DBS

"Kewirausahaan sosial menawarkan cara baru dalam mengatasi masalah sosial. eBook ini berisi tentang pengenalan, panduan praktis, inspirasi dari kisah nyata, dan referensi hidup bagi seorang pelaku bisnis atau mereka yang baru memulai sebuah wirausaha sosial," ujar Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika.

Loading...

Selama ini banyak pihak yang ragu wirausaha sosial dapat dipraktikkan di kehidupan nyata. Hal ini karena praktik organisasi bisnis yang umum ditemui adalah praktik yang bertujuan memaksimalkan laba, bukan untuk menyelesaikan masalah sosial.

Buku wirausaha sosial  © 2017 brilio.net

foto: dok. DBS

Tapi sebenarnya, kata Mona, membangun solusi atas permasalahan sosial secara mandiri dan berkelanjutan melalui pengamalan prinsip-prinsip bisnis merupakan suatu konsep yang dapat diimplementasikan.

Uniknya, buku ini disusun melalui proses keroyokan. Selain DBS dan UKMC FEB UI, ada 37 kontributor lho. Mereka adalah pelaku wirausaha sosial, venture capital, yayasan dan lembaga non-profit, perwakilan pemerintahan (Bappenas), dan konsultan bisnis.

Staf Burgreen meracik menu. Burgreen adalah binaan Bank DBS.

Buku wirausaha sosial  © 2017 brilio.net

foto: brilio.net/yani andryansjah

"Kami sangat antusias dengan hadirnya buku ini karena dapat memberikan pedoman dan inspirasi segar bagi masyarakat yang memiliki semangat untuk membantu dan bergotong royong untuk menanggulangi masalah sosial masyarakat di sekitar kita," kata Senior Associate UKMC FEB UI, Dewi Meisari yang juga salah satu penulis.

Buku ini sejatinya bisa menjadi panduan bagi masyarakat, khususnya anak muda yang ingin membangun kewirausahaan sosial. Peluncuran buku ini dilakukan di restoran Burgreen yang tak lain adalah wirausaha sosial binaan Bank DBS. Oh ya, buku ini bisa diunduh secara gratis lho di go.dbs.com/SE-HANDBOOK.

Nah, buat kamu yang ingin belajar membangun wirausaha sosial, nggak ada salahnya deh baca buku ini.