Brilio.net - Ular bisa menjadi salah satu reptil yang paling mematikan. Bisanya yang beracun bisa melumpuhkan sampai membuat nyawa manusia melayang. Salah satu jenis ular yang paling ditakuti adalah king kobra. Dari namanya saja, ular jenis ini memang sudah seram banget.

Belum lama ini ditemukan seekor king kobra terpanjang dunia. Ular tersebut ditemukan dan ditangkap di sebuah selokan di Thailand. Ular jenis king kobra berukuran 4 meter itu dievakuasi dari tempat tersebut selama satu jam. Sebuah yayasan penyelamatan mengatakan, reptil itu merupakan salah satu terbesar yang pernah mereka tangkap.

Sebuah cuplikan video yang beredar menggambarkan seorang pemberani mengejar ular kobra, ular berbisa terpanjang di dunia, ke dalam pipa drainase yang gelap dan sempit. King kobra itu tercebur ke dalam air dan mencoba meluncur kembali ke dalam pipa, tetapi ditarik keluar oleh seorang pria setelah beberapa kali percobaan evakuasi.

Seorang penjaga keamanan di perumahan yang memberikan informasi pertama kepada kelompok penyelamat pada hari Minggu. Ia juga menambahkan, tempat itu sebelumnya adalah hutan.

"Terdapat 7 petugas penyelamat, termasuk saya, saya pergi ke sana (mengambil ular)," kata Kritkamon Kanghae, seperti brilio.net lansir dari liputan6.com via CNA, Rabu (16/10).

Kritkamon mengatakan, ular tersebut memiliki panjang lebih dari 4 meter, seberat 15 kg dan merupakan reptil terbesar ketiga yang mereka temukan. Setelah ditangkap, ular kobra tersebut pun dilepaskan ke alam liar. Sebagai informasi, Thailand memang dikenal sebagai sarang reptil. Beberapa spesies kobra merupakan asli dari negara di Asia Tenggara itu.

 

 Bandara internasional utamanya, juga dibangun di daerah yang dulunya disebut 'Rawa Kobra.' Ular menjadi hal yang membuat warga di ibu kota Thailand cemas. Tim pemadam kebakaran bahkan sampai dikirim untuk menanggapi panggilan warga yang khawatir.

Pihak berwenang enggan untuk menyingkirkan reptil itu, karena mereka membantu mengendalikan populasi tikus yang jika tidak diberantas bisa mengancam tanaman dan persediaan makanan. Namun, ular kobra kebanyakan memakan ular lain, terutama ular tikus.

[crosslink_1]