Brilio.net - Aksi 22 Mei yang sudah berlangsung sejak Selasa (21/5) siang berakhir rusuh. Ratusan ribu massa yang berkumpul di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terlibat bentrok dengan aparat keamanan pada Rabu (22/5) dini hari. Aksi tersebut merupakan kegiatan unjuk rasa buntut dari rasa tidak puas terhadap hasil Pemilu 2019.

Aksi lempar batu yang dilakukan oleh para pengunjuk rasa membuat polisi akhirnya mengambil tindakan tegas dengan menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa. Insiden tersebut membuat kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat ditutup sementara sampai kondisi dirasa sudah kondusif.

Sejak dini hari tadi, lini masa media sosial diwarnai dengan potret-potret terkait kondisi terkini di kawasan MH Thamrin dan sekitarnya. Potret-potret yang beredar di lini masa media sosial memperlihatkan perjuangan aparat keamanan yang terdiri dari gabungan TNI dan Polri meredam bentrokan massa.

Termasuk salah satu video yang detik-detik bus yang ditumpangi anggota Brimob diserang massa. Dalam video yang diunggah akun Instagram @diana.lumbangaol tersebut memperlihatkan bus yang ditumpangi Brimob mendapat lemparan batu dari massa. Serangan tersebut bahkan membuat kaca bus pecah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Tugas mereka tidak mudah.Meninggalkan keluarga untuk tugas negara

A post shared by DianaLumban (@diana.lumbangaol) on

Loading...

"Tugas mereka tidak mudah.Meninggalkan keluarga untuk tugas negara," tulis akun @diana.lumbangaol pada keterangan caption-nya seperti dikutip brilio.net, Rabu (22/5).

Dalam video tersebut juga memperlihatkan para anggota Brimob yang mendapat lemparan batu saling berkoordinasi untuk melindungi diri. Salah satu anggota Brimob tampak berteriak kepada para rekannya untuk berlindung.

"Ada yang kena? Ada yang kena nggak? Awas, awas, berlindung. Kesehatan, kesehatan," ungkap salah satu anggota Brimob yang belum diketahui identitasnya.

Tak hanya satu video. Di video yang lain, akun @diana.lumbangaol juga mengunggah detik-detik bus Brimob yang dilempar batu hingga menembus ke dalam. Dalam video tersebut, para anggota yang tengah menunduk dibuat kaget saat sebuah batu masuk ke dalam bis melalui kaca mobil yang pecah di sisi kanan dan kiri.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

????????

A post shared by DianaLumban (@diana.lumbangaol) on

"Terus pak maju terus pak," ungkap salah satu anggota Brimob pada supir bus.

Unggahan tersebut pun menuai beragam reaksi dari para pengguna media sosial. Banyak warganet yang dibuat geram dengan tindakan massa yang menyerang bus Brimob. Tak sedikit pula yang mendoakan agar para anggota Brimob tetap diberi keselamatan selama menjalankan tugasnya.

"selamatkan dan Lindungi Beliau2 yg telah menyerahkan jiwa & raga demi Keselamatan NKRI," ungkap akun @khalya_galery.

"Semoga sehat dan selamat para polisi da TNI," tulis akun @mr_sakim.

"Yaa Allah manusia2 biadab mereka , Yaa Allah lindungila para Aparat Pemerintah TNI POLRI," kata akun @mf.joes.

"Y Tuhan tolong lindungi bangsa kami dr org2 jahat yg ingin memecah belah kami," imbuh akun @gracella_pasaribu.

"Miris banget, ya allah lindungi lah tni dan polri, amin," pungkas akun @syasha_aisha.