Brilio.net - Kecelakaan maut terjadi daerah Tawangmangu, Kabupaten Karangkarang, Jawa Tengah, Minggu (26/2). Sebuah bus pariwisata Solaris Jaya K 1677 CD terjun ke jurang Kali Banaran, Desa Gondosuli. Bus tersebut membawa 30 penumpang yang hendak berwisata. Dalam kecelakaan itu, enam orang penumpang meninggal dunia, tujuh orang luka berat dan sejumlah penumpang lainnya mengalami luka ringan.

Wakapolres Karanganyar, Kompol Prawoko mengatakan bus yang mengalami kecelakaan tersebut merupakan rombongan guru dan keluarga dari SD Jimbaran Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Mereka mengadakan acara rekreasi dalam rangka perpisahan sekolah.

Saat ini korban meninggal dirawat di Puskesmas Tawangmangu, sedangkan korban luka berat dan ringan dibawa ke RSUD Karanganyar.

"Bus ini melaju dari arah Magetan menuju Tawangmangu. Diduga menggunakan persneling tinggi sehingga lajunya kencang dan tidak bisa dikendalikan, sehingga masuk jurang," jelas Prawoko.

Pihak kepolisian dan relawan serta warga sekitar berusaha mengevakuasi korban selamat ke Puskesmas Tawangmangu untuk memperoleh penanganan medis secepatnya.

Kanit Laka Polres Karanganyar Iptu Maryadi menambahkan, pihaknya masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Evakuasi korban mengalami hambatan serius karena lokasinya berada di jurang.

"Medannya sangat sulit, karena jurang. Yang meninggal ada 6 orang, beberapa lainnya luka berat," pungkas dia.

Pihak PMI Kota Solo sudah mengirimkan 1 unit ambulance dan 1 mobil jenazah ke lokasi kecelakaan.