Brilio.net - Kabar meninggalnya mantan Presiden RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie bukan sekali ini terjadi. Kabar tidak benar tentang meninggalnya BJ Habibie, yang pada Kamis (30/3) banyak diterima beberapa orang melalui pesan berantai, sebenarnya bukan hal yang mengagetkan.

Dari berbagai sumber yang brilio.net rangkum, sejak tahun 2012 hingga 2017 setidaknya sudah lima kali BJ Habibie dikabarkan meninggal dunia, melalui pesan berantai. Salah satu bunyi pesan berantai tersebut seperti berikut.

"Innalillahiwainnailahirajiun. Indonesia berduka atas kembalinya ke haribaan Allah SWT, Bapak Prof. Dr. Baharuddin Jusuf Habibie, mantan Presiden RI. Jasa dan pengorbanan Bapak akan menjadi amal jariah Bapak bagi rakyat, bangsa, dan negara ini. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah Bapak dan memberi tempat yang damai dan bahagia buat Bapak di alam sana."

Jadi, jika kamu mendapatkan pesan seperti itu maupun sejenisnya, jangan terburu-buru mempercayainya kemudian ikut menyebarkannya. Melainkan mencari kebenarannya melalui sumber yang lebih terpercaya, salah satu yang paling cepat melalui akun sosial media @habibiecenter.

Akun tersebut biasanya akan secara aktif memberitakan setiap isu mengenai mantan presiden RI yang ke-3 tersebut. Berikut rangkuman brilio.net dari beberapa sumber, Kamis (30/3), mengenai isu meninggalnya BJ Habibie yang terjadi sepanjang tahun 2012 hingga 2017.

Loading...

1. 26 Februari 2012.

The Habibie Center © 2017The Habibie Center

foto: @habibiecenter

Pertama yaitu saat BJ Habibie dikabarkan meninggal dunia pada sekitar 26 Februari 2012 di Jerman. Menurut kabar yang beredar, Habibie dikabarkan meninggal dunia, setelah sebelumnya kritis di sebuah rumah sakit di Jerman. Kabar meninggalnya mantan Wakil Presiden di era Soeharto ini santer diberitakan melalui sejumlah forum online, pesan berantai termasuk melalui pesan BlackBerry Mesenger (BBM).

2. 2 Desember 2014.

The Habibie Center © 2017The Habibie Center

foto: @habibiecenter

Kabar dengan pesan serupa kembali terjadi pada sekitar awal bulan Desember 2014. Entah siapa yang memulai menyebarkan, namun isu tersebut berkembang dengan cepat, terutama di jejaring sosial media. Untuk kedua kalinya, The Habibie Center akhirnya mengklarifikasi berita tersebut melalui akun sosial media.

"Berita yang mengatakan BJ Habibie meninggal adalah TIDAK BENAR beliau sehat dan sedang istirahat dirumah. Mohon tidak menyebarkan berita yang tidak benar," demikian tertulis dalam akun Twitter resmi The Habibie Center.

3. 1 November 2016.

The Habibie Center © 2017The Habibie Center

foto: @habibiecenter

Pesan berantai tentang meninggalnya BJ Habibie lagi-lagi menyebar tanpa diketahui sumbernya. Pesan berantai yang meminta BJ Habibie dikenang jasanya itu menyebar pada Selasa, 1 November 2016. Tentu saja berita ini bohong dan akun resmi The Habibie Center @habibiecenter kemudian menepis berita tersebut.

Dalam klarifikasinya The Habibie Center mengatakan bahwa Habibie dalam kondisi yang sehat dan sedang merayakan tahun baru di Jerman bersama cucu-cucunya.

"Alhamdulillah Bapak B.J. Habibie dalam keadaan sehat walafiat. Saat ini beliau sedang di Jerman. Terima Kasih atas perhatiannya," tulis akun The Habibie Center.

4. 4 Januari 2017.

The Habibie Center © 2017The Habibie Center

foto: @habibiecenter

Kabar meninggalnya Habibie seperti ada yang sengaja menyebarkannya. Kejadian yang berulang-ulang terjadi ini selalu saja menyebar dengan cepat melalui pesan berantai. Dalam akun @habibiecenter pada Rabu, 4 Januari 2017, mereka mengabarkan kondisi Habibie dalam keadaan sehat.

“Alhamdulillah Bapak BJ Habibie dalam keadaan sehat walafiat. Beliau masih di Jerman sesudah merayakan Tahun Baru dengan cucu-cucu beliau #bjh80,” tulis akun The Habibie Center.

Pihak Habibie Center juga meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya berita tersebut apalagi sampai menyebarkan berita tidak benar itu. “Mohon jangan menyebarluaskan berita yang tidak benar (hoax) atau yang tidak terverifikasi. #stopfakenews,” ujarnya.

5. 30 Maret 2017.

The Habibie Center © 2017The Habibie Center

foto: @habibiecenter

Berita Mantan Presiden BJ Habibie meninggal kembali beredar di media sosial, Kamis (30/3). Beberapa akun mencuitkan pertanyaan kebenaran tersebut melalui akun Twitter-nya. Pertanyaan itu kemudian terjawab saat akun resmi The Habibie Center menegaskan kabar itu bohong dan isu Habibie meninggal itu tidaklah benar.

"Alhamdulillah Bapak/Eyang Habibie sehat walafiat. Tadi malam beliau sangat senang ngobrol dan tertawa lepas dengan Reza dan Pandji LIVE dari Kediaman di Patra Kuningan di acara Indonesia Box Office Movie Awards di SCTV. Semoga Eyang sehat selalu. #BJH80andstrong #panjangumur. Mohon jangan pernah menyebarkan berita hoax dan silakan follow The Habibie Center di FB, Twitter & Instagram (@habibiecenter) untuk berita terkini dan terverifikasi," tulis akun tersebut, Kamis (30/3).

Jadi jika suatu saat kamu mendapatkan kabar meninggalnya BJ Habibie lagi, jangan langsung percaya dan jangan langsung disebarluaskan, ya. Cek kebenarannya di The Habibie Center di Twitter maupun Instagram dengan nama akun @habibiecenter yang sudah terverifikasi.