Brilio.net - Pada akhir April lalu, ramai diberitakan video Ustaz Arifin Ilham yang memberikan nasihat poligami bagi para followers Instagramnya. Pada video itu, didampingi kedua istrinya ia memberikan nasihat agar jangan main-main dengan poligami.

"Walaupun itu syariat Allah, tapi harus berhati-hati dengan hukum Allah. Daripada bercerai, anak jadi korban, istri jadi korban, cukup satu saja. Tapi kalau bisa dalam seperti ini dua, gimana sayang, Alhamdulillah. Maka itu jauh lebih utama," ungkap Ustaz Arifin Ilham dalam videonya.

 

Kesalahan Poligami Muhammad Arifin Ilham SubhanAllah renungan bagi para sahabatku yg ingin berpoligami, sebaiknya kenali dulu diantara Kesalahan kesalahan POLIGAMI ini : 1. Sbg imam belum jadi teladan bagi keluarga. 2. Hanya maunya pada Sunnah poligami, sementara sunnah sunnah yg lain belum ditegakkan, seperti tahajjud, berjamaah di mesjid, selalu jaga wudhu dst. 3. Fisik yg kurang mumpuni, sakit sakitan, sakit kronis, sudah uzur, lemah biologis dsb 4. Rizki belum mapan, untuk keluarga satu saja sudah keteteran. 5. Menyakiti istri pertama dg menceraikan, ini kesalahan sangat fatal. Nafsu durjana namanya. 6. Miring sekali hanya asyik pada yg kedua, atau yg kedua disembunyikan terkatung katung. 7. Tidak pakai surat resmi KUA, apalagi nekat mempalsukan. 8. Tidak bertanggung jawab pada anak anak, or anak anak teracuhkan bahkan tersakiti sehingga menimbulkan dendam dan tromatik krn kelakuan bapaknya. 9. Mengawini saudari kandung istri. 10. Lebih dari empat. Sekiranya belum siap, jangan paksakan diri, dari pada kemudian keluarga hancur, cerai, anak anak jadi korban nafsu durjana, lebih baik CUKUP SATU ISTRI SAJA BAHAGIA DUNIA AKHIRAT. Untuk apa poligami kalau hanya menghancurkan hakikat tujuan nikah yaitu "sakinah". Kedepankanlah iman dan akal yg sehat agar tidak menyesal dunia akhirat. Semoga renungi ingin bermanfaat, sahabatku tercinta...aamiin.

A post shared by Bang Muhammad Arifin Ilham (@kh_m_arifin_ilham) on

Ternyata ada netizen yang menanggapi video itu dengan membuat parodi. Muhammad Alvin Faiz sebagai sang anak pun merasa geram dengan orang-orang yang telah melecehkan ayahnya itu. Dalam akun Instagramnya, ia mengunggah video parodi ayahnya dan meminta orang yang membuat video itu untuk meminta maaf.

"Setelah musyawarah panjang terkait video pelecehan ulama yang dilakukan 3 remaja di atas, akhirnya majelis Azzikra yang dipimpin Abi @kh_m_arifin_ilham akan mengambil keputusan untuk MENUNTUT ke jalur hukum kepada 3 remaja tersebut KECUALI jika MEREKA BERTIGA membuat video permintaan maaf secara publik SEBELUM hari Jumat, dan kami juga ingin mereka bertiga secara langsung untuk datang ke masjid Azzikra sebelum Jumat sore, teman-teman tolong yang kenal atau tahu orangnya tolong sampaikan ini pernyataan ini ya," tulis Alvin di akun Instagram @alvin_411.

 

Setelah musyawarah panjang terkait video pelecehan ulama yang dilakukan 3 remaja diatas, akhirnya majelis Azzikra yang dipimpin Abi @kh_m_arifin_ilham akan mengambil keputusan untuk MENUNTUT ke jalur hukum kepada 3 remaja tersebut KECUALI jika MEREKA BERTIGA membuat video permintaan maaf secara publik SEBELUM hari jumat, DAN kami juga ingin mereka bertiga secara langsung untuk datang ke masjid azzikra sebelum jumat sore, teman-teman tolong yang kenal atau tau orangnya tolong sampaikan ini pernyataan ini ya . . . Adapun tujuan kita mengambil keputusan ini adalah supaya masyarakat tidak mudah lagi menghina atau meledek ulama-ulama kita, kita ingin menghimbau kepada umat, bahwa bercandapun ada batasannya, demikian dan terimakasih??

A post shared by Muhammad Alvin Faiz (@alvin_411) on

Ia menyebut jika tujuan mengambil keputusan itu supaya masyarakat tidak mudah lagi menghina atau meledek para ulama. Ia menyebutkan jika bercanda itu ada batasannya. Tak hanya satu, Alvin pun mengunggah video kedua yang dianggap telah melecehkan sang ayah karena membuat parodi video nasihat poligami.

Ia telah mengantongi identitas orang yang telah membuat video parodi itu dan menunggu itikad baik dari mereka untuk meminta maaf. Tindakah Alvin itu mendapat beragam komentar dari netizen.

"Mantep bang Alvin, selalu mengingatkan, this is a part of dakwah," komentar @fatchursangkala.

"Lucu tah??? Sama sekali engga boss. Becanda boleh tapi jangan bego-bego amatlah apalagi kalo cuma buat dapet like atau cari sensasi doang," komentar @muhridwanshd.

"Astagfirullah ini mah pelecehan vin lapor pihak berwajib Subhanallah," komentar @jar_sidik_95.

"Vin, maaf yah kamu boleh marah krn melihat video ini tapi saya tahu mereka orgnya seperti apa dan kenalannya seperti apa, kamu nasehatin juga ttg agama yg dibuat bahan bercanda mereka ga mau denger perkataan kamu. Sabar saja dan maafkan mereka, biarkan Allah swt yg membalas mereka. @alvin_411," komentar @apurodaito.

"Pedihnya ketika liat mereka bilang Allahu Akbar setelah itu ketawa.. ujian banget utk ortunya ya punya anak kayak gt," komentar @shanty_didie.