Brilio.net - Kebakaran hebat melanda Depo Pertamina Plumpang pada Jumat, 3 Februari 2023 malam hari. Depo ini merupakan salah satu unit pengolahan minyak yang dimiliki oleh PT Pertamina (Persero) yang terletak di kawasan Plumpang, Jakarta Utara. Akibat kebakaran tersebut, api pun merembet ke pemukiman warga dan membuat mereka terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara Rizal mengatakan, lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang merupakan permukiman padat penduduk yang berpotensi menimbulkan korban cukup banyak.

"Peristiwa kebakaran ini mengakibatkan terbakarnya pemukiman warga di Jalan Tanah Merah Bawah, RT 12 RW 09, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja," kata Rizal, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (4/3).

Kobaran api membumbung tinggi dan membuat langit di sekitar lokasi kejadian menjadi gelap karena tertutup asap hitam. Adapun sejumlah fakta tentang kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang telah dirangkum brilio.net pada Sabtu (4/3) yakni sebagai berikut.

1. Berasal dari ledakan pipa BBM.

Fakta kebakaran Depo Pertamina Plumpang  © 2023 brilio.net

foto: Liputan6.com/Nanda Perdana Putra

Api pertama kali dilaporkan muncul pada pukul 20.11 WIB, berasal dari ledakan pipa bahan bakar minyak (BBM) di area Depo. Menurut kesaksian warga, terdengar suara ledakan dari Depo tersebut dan mendengar suara petir. Setelah itu, disusul bau bensin atau bahan bakar minyak menyeruak, hingga kebakaran terjadi.