Brilio.net - Pemberlakuan New Normal sudah mulai diterapkan. Namun hal itu tak membuat masyarakat berhenti waspada. Saat New Normal justru masyarakat harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Adanya New Normal ini beberapa sektor ekonomi mulai kembali dibuka, salah satunya adalah tempat pariwisata. Bagi kamu yang berencana untuk melalukan perjalanan ke luar kota dengan moda transportasi kereta api, kamu wajib mematuhi beberapa aturan yang sudah disiapkan oleh PT KAI dengan mencegah penyebaran Covid-19.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan menggunakan kereta api saat new normal, seperti dilansir brilio.net dari Instagram PT KAI, Sabtu (13/6).

1. Pembelian tiket melalui online.

Cara pesan tiket kereta via KAI Access © 2019 brilio.net

Loading...

Cara pesan tiket kereta via KAI Access-© 2019 brilio.net/Istimewa

Bagi kamu yang ingin bepergian ke luar kota, sebaiknya membeli tiket melalui onlie. Saat ini sudah ada aplikasi KAI Acess yang bisa kamu manfaatkan untuk melalukan transaksi pembelian tiket dengan metode nontunai, sehingga bisa mengurangi kontak fisik dan risiko penularan Covid-19.

2. Menggunakan alat perlindungan diri.

Hal yang memang harus diperhatikan saat ke luar rumah apalagi bepergian adalah menggunakan alat perlindungan diri. Begitu pun ketika akan melalukan perjalanan dengan kereta, penumpang KAI diwajibkan menggunakan masker dan face shield saat berada di area stasiun maupun sepanjang perjalanan. Untuk anak-anak disarankan membawa face shield sendiri.

3. Gunakan baju lengan panjang.

Seperti kita tahu, penularan Covid-19 adalah dengan droplet. Jadi dianjurkan penumpang KAI untuk menggunakan baju lengan panjang demi mencegah kontak fisik saat tak sengaja bersentuhan dengan orang lain.

4. Aktifkan aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi ini dibuat untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk memberikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan. Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau di zona merah.

5. Tidak berbicara secara langsung atau lewat telepon.

Disarankan bagi penumpang KAI untuk tidak berbicara dengan orang lain atau lewat telepon demi mencegah keluarnya droplet yang dapat memicu penyebaran Covid-19.

6. Datang lebih awal ke stasiun.

Cara pesan tiket kereta via KAI Access © 2019 brilio.net

Cara pesan tiket kereta via KAI Access-© 2019 brilio.net/Istimewa

Di era New Normal ini, peraturan baru dilakukan di semua tempat, termasuk di stasiun. Saat penumpang sampai di atasiun, petugas akan melakukan pemeriksaan persyaratan, jadi penumpang disarankan untuk datang lebih awal paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan.

7. Penumpang wajib menunjukan surat keterangan bebas Covid-19 dan dokumen penunjang lainnya.

Syarat utama ketika akan bepergian dengan transportasi publik adalah dengan menunjukkan identitas diri san surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari atau surat keterangan hasil Rapid-Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.

Selain itu, penumpang juga harus menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau puskesmas.

8. Wajib membawa perlengkapan kebersihan.

Saat ini masyarakat memang sudah lebih peduli terhadap kebersihan diri. Jadi pergi ke mana pun, barang-barang yang menunjang kebersihan saat di tempat umum wajib dibawa. Seperti hand sanitizer, tissu, masker cadangan, sabun cair, mini disinfektan, dan helm.