×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Aksi pejabat cium tangan ini tuai kontroversi

View Image

0

BRILIO » Serius

8 Aksi pejabat cium tangan ini tuai kontroversi

Terbaru adalah aksi cium tangan Budi Gunawan kepada Megawati usai dilantik jadi Kepala BIN.

10 / 09 / 2016

Brilio.net -

Berjabat tangan sambil mencium tangan adalah simbol hormat dari anak muda kepada yang orang yang lebih tua. Namun, hal ini bisa dinilai berbeda jika yang melakukannya pejabat. Sebagian masyarakat menilai ada maksud politis di baliknya. Rumor itu juga pernah menimpa Presiden Joko Widodo yang berjabat tangan dengan mencium tangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputeri dalam suatu kesempatan. Meskipun telah dinyatakan tidak ada maksud selain kesantunan dan penghormatan pada yang lebih tua, namun tetap ada pandangan lain yang muncul.

Selain Joko Widodo, ada beberapa tokoh lain yang pernah kedapatan melakukan aksi serupa. Berikut ini pejabat yang aksi cium tangannya bikin heboh himpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (10/9):

1. Letjen Budiman

cium tangan  © 2016 brilio.net

Loading...

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI Letjen Budiman ini mencium tangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sesaat setelah dilantik pada 2013 lalu. Aksi ini mengundang kontroversi sebab dinilai melanggar Peraturan Penghormatan Militer (PPM). KSAD dinilai cukup memberi hormat dengan gagah, tak perlu cium tangan.

2. Nurdin Halid

cium tangan  © 2016 brilio.net

Ketua Umum PSSI pada 2010 ini mencium tangan sambil membungkuk pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono usai kesebelasan Indonesia mengalahkan timnas Filipina di Gelora Bung Karno. Itu adalah laga pertama semifinal Piala AFF.

3. Bibit Waluyo

cium tangan  © 2016 brilio.net

Pada 2012 lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendarat di Mess Tidar Kompleks Akmil Kota Magelang, Jawa Tengah untuk melantik 836 taruna menjadi Perwira TNI dan Polri. Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menjabat tangan, cipika-cipiki, dan mencium tangan SBY.

4. Joko Widodo

cium tangan  © 2016 brilio.net

Pria yang kerap disapa Jokowi ini juga pernah membuat ramai publik ketika melakukan aksi cium tangan kepada Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, saat menghadiri pelantikan FX Hadi Rudyatmo, menjadi Wali Kota Solo pada 2012 lalu. Kala itu Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Lalu, ketika telah menjadi orang nomor 1 di Indonesia, Joko Widodo juga mencium tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada saat HUT PDIP ke-42 di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung Jakarta, pada 2015. Pada HUT PDIP sebelumnya pun ketika masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi melakukan hal serupa.

5. Yuddy Chrisnandi

cium tangan  © 2016 brilio.net

Mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi ini kepergok mencium tangan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani sebelum sidang kabinet paripurna pada April 2015 lalu. Kontroversi hadir disebabkan usia Menteri Yuddy terbilang lebih tua 5 tahun dibanding usia Menteri Puan.

6. Syamsul Arifin

cium tangan  © 2016 brilio.net

Pada 2010 Presiden SBY menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) secara langsung kepada sejumlah menteri dan gubernur di Istana Negara Jakarta. Usai penyerahan secara simbolis, presiden dan wakil presiden menyalami para penerima DIPA. Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin langsung mencium tangan presiden dan wakil presiden. Peristiwa ini membuat para tamu undangan tersenyum.

7. Agusrin Maryono Najamudin

cium tangan  © 2016 brilio.net

Gubernur Bengkulu pada 2010 ini meniru apa yang dilakukan Syamsul Arifin. Namun, Agusrin hanya mencium tangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tetapi tidak mencium tangan Wakil Presiden Boediono.

8. Budi Gunawan

cium tangan  © 2016 brilio.net

Komjen Budi Gunawan mencium tangan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri usai dirinya dilantik sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) pada Jumat (9/9). Kini, dirinya menggantikan Letjen (Purn) Sutiyoso memimpin lembaga telik sandi negara tersebut dengan pangkat jenderal.

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more