Brilio.net - Bencana gempa dan tsunami yang melanda wilayah Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) kemarin tengah menjadi perhatian utama pemerintah. Proses evakuasi pencarian korban yang tertimbun reruntuhan bangunan masih terus dilakukan hingga kini.

Berbagai bantuan mulai dari logistik hingga medis pun terus dikirim ke daerah-daerah yang membutuhkan. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. Pada akun Instagram pribadinya, pria yang akrab disapa Jokowi ini menyebut ada empat langkah cepat yang saat ini harus dilakukan untuk menangani musibah gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan sekitarnya.

Setelah seharian meninjau beberapa titik di kota Palu pada Minggu (30/9), Jokowi menjelaskan bahwa empat langkah cepat yang harus dilakukan antara lain melakukan evakuasi korban, penyediaan prasarana dan sarana air bersih juga sanitasi, pembersihan kota dari puing-puing bangunan, serta pemulihan jalur angkutan menuju Palu dan sekitarnya. 

Selain itu empat langkah itu, pada kesempatan yang berbeda, Presiden Indonesia ke-7 ini menyatakan bahwa bantuan berupa makanan dan air minum akan dikirim ke Palu dalam jumlah sebanyak-banyaknya untuk membantu korban gempa dan tsunami. Hal ini dilakukan berdasarkan keluhan dan masalah yang kini sedang dihadapi oleh para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Bantuan makanan hari ini kita akan kirim, sebanyak-banyaknya dengan pesawat Hercules," ujar Jokowi usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya, Jakarta Timur, yang dikutip brilio.net dari antaranews.com, Senin (1/10).

Loading...
 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Seharian meninjau sejumlah titik di Kota Palu, kemarin, yang paling penting adalah empat hal: evakuasi korban, penyediaan prasarana dan sarana air bersih dan sanitasi, pembersihan kota dari puing-puing, dan pemulihan jalur angkutan dari dan ke Palu dan sekitarnya. Semua langkah itu sudah dijalankan sejak semalam. Alat-alat berat berupa excavator dan backhoe sudah dikerahkan terutama ke kawasan yang rusak parah dan penuh reruntuhan bangunan seperti Balaroa dan Petobo. Untuk 80-an titik pengungsian dan permukiman sudah diangkut sedikitnya 15 hidran umum, mobil tanki air, WC portable, dan tenda-tenda darurat. Untuk pembersihan kota, sejumlah dump truck dan excavator juga telah dikerahkan oleh Kementerian PUPR bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palu. Mudah-mudahan, dalam dua minggu ke depan, Kota Palu sudah bersih dari puing dan reruntuhan bangunan. Sementara untuk kelancaran angkutan dan arus logistik ke Kota Palu dari arah Makassar, Gorontalo dan Poso, segera kita lakukan perbaikan jembatan yang rusak, pembersihan longsoran di sejumlah lokasi terutama jalur utama kawasan Kebon Kopi. Dua minggu lagi, Insya Allah, saya akan ke Palu lagi untuk memastikan segenap upaya pemulihan dampak bencana yang kita lakukan telah dilaksanakan dengan baik.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Tak hanya itu, untuk mempercepat pemulihan kondisi serta para korban di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jokowi juga telah memberikan wewenang kepada pemerintah untuk menerima bantuan asing dari dunia internasional untuk merespons dan mengatasi dampak bencanai yang sangat mendesak di Palu-Donggala.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Tom Lembong, menyatakan bahwa Presiden Jokowi telah memberikan izin kepada BKPM untuk mengkoordinasi masuknya bantuan internasional ke Indonesia, demi meringankan derita korban bencana gempa-tsunami di Sulawesi.

"Semalam, Presiden @Jokowi memberikan izin kepada kami untuk menerima bantuan internasional untuk merespons dan meringankan darurat. Saya membantu mengkoordinasikan bantuan dari sektor swasta dari seluruh dunia," tulis @Tomlembong pada 30 September pukul 18.37, dikutip pada hari Senin (1/10).

Unggahan Jokowi itu mendapat banyak komentar dari warganet. Tidak sedikit yang memberi dukungan dan semangat bagi presiden. Banyak pula yang mendoakan keselamatan bagi para korban di Sulawesi Tengah.

"Semangat pa jokowi. Terimakasih pak sudah datang kesana untuk mewakili teman2 yg tidak bs datang atau menyaksikan kepiluan yg ada disana. Duka sulawesi tengah adalah duka kita semua.," ujar akun @imamothow.

"Sehat trus pakde @jokowi Tuhan mampukan dlm mengemban tugas negara ini, semoga daerah yg dilanda gempa Tuhan segera pulihkan,amin," tulis akun @nathan_patoding.

"Terimakasih pak presiden sudah mau perduli dan cepat tanggap untuk keluarga2ku smuanya dipalu.. kiranya Tuhan Senantiasa menyertaimu pak," papar akun @gladysnovitasarii.

"Atas nama kemanusian! Terima kasih sudah mau membagi waktu untuk mendoakan, membantu bahkan hingga turun di lokasi untuk memberikan kekuatan, dan dukungan kepada saudara-saudara kita disana.. #muchrespect mr. President!," tambah akun @flashofficial_dj.