Brilio.net - Eka Duta Prasetya adalah seorang pelajar yang istimewa. Duta, sapaannya akrabnya, menabung semenjak duduk di Sekolah Dasar (SD) untuk terus bisa meneruskan pendidikan jenjang lebih tinggi. Hasil tabungan berupa uang recehan itu kemudian digunakannya untuk membayar biaya seragam ketika masuk ke MAN 1 Kota Magelang, Jawa Tengah. Hal itu sempat membuat heboh netizen berkat kisah perjuangan inspiratifnya tersebut.

Keinginan dan tekat kuat Duta untuk tetap melanjutkan sekolah kemudian diapresiasi oleh berbagai pihak. Anak yang terkenal baik dan saleh di lingkungannya tersebut kemudian mendapat banyak perlakuan istimewa dari orang-orang di sekitarnya. Berikut 4 perlakuan istimewa yang diterima Duta, yang brilio.net rangkum informasinya dari berbagai sumber, Jumat (23/6).

1. Uang yang ia bayarkan dikembalikan dalam bentuk tabungan.

 Duta Magelang © 2017 Istimewa

Kepala sekolah MAN 1 Kota Magelang, Kasnawi mengatakan bahwa uang yang Duta bayarkan dikembalikan dalam bentuk tabungan di BRI Unit Payaman, Kecamatan Secang, Magelang. Hal itu juga dikonfirmasi Hariyadi, Kepala Unit BRI setempat.

Loading...

"Iya benar, kalau nabung biar gampang. Kalau ada kesulitan bisa langsung hubungi saya, saya akan bantu," ujarnya.

2. Duta tidak dipungut biaya pendidikan selama sekolah di MAN 1 Kota Magelang.

Duta Magelang  © 2017 facebook

Melihat antusiasme Duta dalam bersekolah serta latar belakang keluarganya, remaja asal Desa Ngadirejo, Secang, tersebut mendapatykeistimewaan untuk tak perlu mengeluarkan uang untuk biaya pendidikan.

3. Banyak yang bersedia secara suka rela menjahitkan seragam sekolahnya.

 Duta Magelang © 2017 Istimewa

Kisah Duta menginspirasi dan membuat terenyuh banyak orang. Banyak yang siap memberi bantuan, salah satunya adalah menjahitkan seragam sekolah Duta.

4. Mandapat bantuan dana dari para donatur.

 Duta Magelang © 2017 Istimewa

Selain membantu menjahitkan seragam, banyak orang yang ingin memberikan bantuan dana untuk Duta dan keluarganya yang hidup di rumah kontrakan.