Brilio.net - Dunia penerbangan di Indonesia tidak lagi monopoli kaum adam. Wanita telah membuktikan bahwa mereka mampu untuk menembus bidang yang selama ini identik dengan maskulinitas tersebut. Sekarang ini sudah banyak maskapai penerbangan sipil yang mempekerjakan pilot perempuan.

Menariknya lagi, kendali bekerja di lingkungan 'pria', bukan berarti para wanita tersebut terkesan tomboy. Mereka tetap feminin dan anggun sebagai wanita. Bahkan, dari banyaknya perempuan-perempuan yang menjadi pilot tersebut, beberapa di antaranya adalah wanita berhijab.

Sebagaimana pilot-pilot wanita Indonesia berikut ini, dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (10/6).


1. Irena Nur Fadhilah.

pilot berhijab instagram

foto: instagram/@irenanurfa


Dia adalah anak seorang pilot yang dari kecil sudah terbiasa diajak terbang. Dari sanalah muncul ketertarikan Iren terhadap dunia penerbangan, sehingga memilih menempuh pendidikan sekolah penerbang.


2. Elesta Apriliana.

pilot berhijab instagram

foto: instagram/@elestaapriliana


Apriliana Wulansari mengaku, menjadi pilot bukanlah cita-citanya semasa kecil. Tapi, jalan hidup mengarahkannya ke sana. Elesta yang mengaku bandel ketika SMP dan SMA dan karena kebandelannya itu kerap diremehkan dan dicibir orang, menjadi tertantang untuk menjawab cibiran itu dengan prestasi.

Ia pun akhirnya memilih meneruskan pendidikan ke sekolah penerbang dan berhasil menjadi pilot.


3. Farah Adany.

pilot berhijab instagram

foto: instagram/@farah.adany


Farah merupakan pilot wanita lulusan dari Bali International Flight Academy (BIFA). Gadis cantik ini mulai jatuh cinta pada penerbangan dan ingin menjadi pilot setelah ikut joyflight.

Dia tertantang untuk menjadi wanita yang bisa menerbangkan pesawat, sementara banyak wanita lainnya bekerja di darat.


4. Anggi Anggraeni.

pilot berhijab instagram

foto: instagram/@gie1301


Ibu dari satu anak ini lulusan sekolah penerbangan Curug.


5. Iin Irjayanti.

pilot berhijab instagram

foto: instagram/@iin_mnz


Pilot kelahiran Jayapura, 4 November 1985 ini merupakan lulusan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia angkatan 58 pada tahun 2004 yang disebar Departemen Perhubungan hingga ke Timika, Papua.

Iin ini juga pernah mengikuti kontes kecantikan Puteri Indonesia tahun 2010. Namun, kemudian dia lebih memilih fokus menjadi pilot ketimbang eksis di dunia hiburan.


6. Tyas Idealistyana.

pilot berhijab instagram

foto: instagram/@tyas.idealistyana


Perjalanan Tyas menjadi penerbang terbilang cukup unik. Sebab, mulanya dia tidak tertarik untuk sekolah pilot dan memilih kuliah kedokteran.

Ia baru sekolah pilot setelah menyelesaikan studinya sebagai dokter umum. Tyas menyusul adiknya yang juga sekolah pilot di Filipina. Maka, selain sebagai pilot, Tyas juga seorang dokter.


7. Nindya Elya Pranedya.

pilot berhijab instagram

foto: instagram/@nindya_elya


Nindya ini adalah adik dari Tyas. Nindya lebih dulu memulai studi sebagai pilot ketimbang kakaknya di Filipina usia lulus SMA. Setelah 16 bulan menempuh pendidikan, Nindya pun lulus dan mengantongi lisensi pilot.


8. Putroe Sambinoe Meutuah.

pilot berhijab instagram

foto: instagram/@psmeutuah


Meutuah merupakan gadis asal Aceh pertama yang berhasil menjadi pilot. Ia merupakan anak dari Gubernur NAD Irwandi Yusuf.