Brilio.net - Kebakaran melanda pabrik home industry di Desa Sambirejo, Kabupaten Binjai, Langkat, Sumut pada Jumat (21/6). Kejadian ini menewaskan 30 orang , tiga di antaranya anak-anak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat mengupdate jumlah korban jiwa dalam kebakaran pabrik home industry itu sudah mencapai 30 orang. "Setelah anggota kita turun semua diteliti semua ternyata 30 orang. Rinciannya 3 anak-anak, selebihnya orang dewasa," kata Kepala BPBD Langkat, Irwan Syahri dikutip merdeka.com, Jumat (21/6).

Lokasi yang terbakar berupa rumah permanen berukuran sekitar 5x7 meter. Para korban ini diduga terjebak di sana. Mereka pekerja di rumah yang menjadi home industri untuk pembuatan mancis atau korek gas itu.

Irwan menyatakan, evakuasi sudah selesai dilakukan. Semua korban tewas telah dibawa ke RS Bhayangkara Medan untuk diidentifikasi.

Penyebab kebakaran di home industry itu belum dapat diketahui dengan pasti. Irwan mengatakan, berdasarkan informasi yang beredar, ada ledakan dari rumah itu menjelang waktu salat Jumat. "Tapi enggak tahu ledakan apa, belum tahu, belum dapat informasi," papar Irwan.

Loading...

Dikutip dari Antara, korban diduga tidak bisa menyelamatkan diri karena karena seluruh akses dikunci saat pekerjaan berlangsung. Rata-rata korban tewas berjenis kelamin perempuan. Tiga anak-anak yang menjadi korban kebakaran diketahui adalah anak dari pekerja.

Api berhasil dipadamkan setelah dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Langkat dan tiga unit milik Pemkot Binjai tiba di lokasi.

Salah seorang warga, Zulkifli menceritakan situasi setelah kebakaran. Puluhan mayat bergelimpangan menyayat hati warga. Mayoritas pekerja merupakan warga desa Sambirejo, namun sebagian ada yang berasal dari Stabat dan Kota Binjai.