Brilio.net - Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab pergi ke Tanah Suci sejak akhir April 2017 untuk menunaikan ibadah umrah, ketika terlibat dalam kasus pornografi. Rizieq telah mendapatkan dua kali surat panggilan pemeriksaan dari Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangannya bersama dengan Ketua Yayasan Ketua Yayasan Solidaritas Keluarga Cendana, Firza Husein. Namun, dia selalu mangkir.

Rizieq sempat mampir ke Malaysia usai umrah namun bertolak kembali ke Arab Saudi. Kuasa hukumnya, Sugito Atmo Pawiro mengklaim bahwa kliennya tidak bermaksud menghindari penjemputan paksa pihak kepolisian.

"Habib bukan tipe mau melarikan diri dari tanggung jawab. Cuma ketika sudah ada rekayasa hukum terkait proses yang sekarang ini terjadi, politisasi, Habib akan melawan. Dia tidak akan lari dari tanggung jawab," ujar Sugito.

Selama di luar negeri, Rizieq telah ditemui beberapa tokoh politik nasional. Berikut sosok-sosok tersebut.

1. Amien Rais

Loading...

Habib Rizieq Shihab  © 2017 istimewa-foto: merdeka.com

Amien Rais menemui rizieq di Mekkah, Arab Saudi pada Rabu (14/6), usai salat Maghrib.

Sugito Atmo Pawiro menyebut, dalam pertemuan ini dibahas perihal penegakan hukum yang dinilai tebang pilih dan mengincar orang-orang yang tak sejalan dengan pemerintah.

"Mengenai kriminalisasi ulama," kata Amien ketika ditemui wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (19/6).

"(Pertemuan) Satu jam, pokoknya penting-penting semua. Pokoknya top bgt (Top banget)" ujar Amien, dikutip dari merdeka.com.

2. Para petinggi PKS

Habib Rizieq Shihab  © 2017 istimewa-foto: merdeka.com

Para petinggi PKS yang menemui Rizieq adalah Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Al Jufri, Ketua Fraksi Jazuli Juwaini, serta Sekretaris F-PKS Sukamta. Petemuan ini terjadi pada 15 Juni 2017.

"Iya tadi pas kami mau tawaf wada, ketemu beliau. Ya sekalian silaturahim saja, saling menanyakan kesehatan dan ngobrol komitmen untuk terus menjaga NKRI tercinta ini," kata Sukamta kepada wartawan, Kamis (15/6/2017).

3. Fadli Zon

Habib Rizieq Shihab  © 2017 istimewa-foto: @fadlizon

Setelah mengadakan pertemuan dengan beberapa pihak terkait pelaksanan ibadah haji tahun 2017, Wakil Ketua DPR RI ini mengunjungi Imam Besar FPI.

"Td malam silaturahim n makan nasi kebuli dg ulama n Imam Besar Habib Rizieq Shihab di Mekkah. Alhamdulillah dlm keadaan sehat wal'afiat," tulis Fadli Zon dalam unggahannya di twitter.