Brilio.net - Tak selalu dielu-elukan namanya, beberapa tokoh publik justru tidak menjaga tindak-tanduknya sehingga mereka terlibat kasus yang justru memperburuk nama dan citranya. Padahal seharusnya merekaa menjadi contoh bagi masyarakat, tapi justru malah terlibat beberapa skandal asusila.

Tak hanya itu, beberapa tokoh tersebut bahkan telah mempunyai nama besar dan sekian lama menjadi panutan bagi masyarakat. Seperti tak belajar dari kasus yang lebih dulu bergulir, berikut adalah daftar para tokoh publik yang terjerat kasus asusila yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (17/5).

1. Habib Rizieq, Imam Besar FPI.

Pejabat Publik Skandal Asusila Update  © 2017 brilio.net-foto: merdeka.com

Kasus 'baladacintarizieq' berawal dari beredarnya rekaman audio dan chat tidak senonoh antara dua orang yang diduga sebagai Firza dan Habib Rizieq. Keduanya lantas dipanggil untuk diperiksa. Baik Firza maupun Habib Rizieq sudah membantah keterlibatan dalam chat tersebut. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan, audio dan chat serta beberapa bukti foto diyakini asli tanpa rekayasa. Polisi telah menetapkan Firza Husein sebagai tersangka pornografi dalam kasus 'baladacintarizieq'. Sementara imam besar FPI Habib Rizieq Syihab yang juga terkait dalam kasus tersebut masih berstatus sebagai saksi.

Loading...

2. Bupati Katingan, Ahmad Yatenglie.

Pejabat Publik Skandal Asusila Update  © 2017 brilio.net-foto: merdeka.com

Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Ahmad Yatenglie, diduga selingkuh dengan pegawai rumah sakit di Katingan berinisial FY, yang juga istri anggota Polri. Kejadian tersebut diketahui pada Kamis (5/1), keduanya terpergok oleh suami FY dalam keadaan tidak berbusana di dalam kamar sebuah rumah, di Jalan Nangka.

3. Gubernur Riau, Annas Maamun.

Pejabat Publik Skandal Asusila Update  © 2017 brilio.net-foto: merdeka.com

Awal September 2014, Annas sempat dilaporkan oleh Sumardi Thaher ke Markas Besar Kepolisian RI terkait pelecehan seksual terhadap seorang wanita berinisial WW. Skandal yang melibatkan Annas, pria berusia 74 tahun itu ditengarai bukan pertama kali terjadi. Seperti mantan pembantu rumah tangganya pernah mengaku menjadi korban pelecehan seksual olehnya.

4. Komandan Komando Distrik Militer Sidoarjo, Letkol Kav Rizki Indra Wijaya.

Pejabat Publik Skandal Asusila Update  © 2017 brilio.net-foto: merdeka.com

Dandim Sidoarjo Letkol Kav Rizki Indra Wijaya dan Anggota DPR Arzetti Bilbina digerebek saat berada di sebuah hotel di Lawang, Malang, pada Minggu (25/10/2015). Menurut Rizki, pertemuan itu sebatas membahas dana bantuan pembangunan masjid di panti asuhan yang diasuhnya. Tak berselang lama dia dikabarkan mengajukan surat pengunduran diri dari kesatuan TNI Angkatan Darat.

5. Ketua Pengadilan Agama Padangpangjang, berinisial ED.

Pejabat Publik Skandal Asusila Update  © 2017 brilio.net-foto: merdeka.com

Hakim Pengadilan Agama (PA), ED digerebek sedang mesum dengan seorang pria yang diduga selingkuhannya di sebuah hotel melati di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, pada 9 Oktober 2016 lalu. Ibu hakim yang menjabat Ketua Pengadilan Agama Padangpangjang itu digerebek langsung oleh Wali Kota Bukittingi. Pada Desember 2016 lalu ED akhirnya dikenakan sanksi dipecat dari institusinya.

6. Bupati Kutai Kertanegara, Rita Widyasari.

Pejabat Publik Skandal Asusila Update  © 2017 brilio.net-foto: merdeka.com

Bupati Kutai Kartanegera Rita Widyasari pernah menjadi sorotan setelah sebuah video panas yang diduga diperankannya menyebar luas di masyarakat. Skandal tersebut digunakan lawan-lawan politiknya untuk menyerang putri Bupati Kutai Kartanegara, Syaukani. Namun, meskipun kabar terus bergulir, Ketua DPD Golkar Kutai Kertanegara ini tetap berhasil menggantikan kedudukan ayahnya menjadi bupati di kabupaten terkaya di Indonesia tersebut.