Brilio.net - Berfoto selfie kini memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat modern. Karena sudah terbiasa cekrek sana cekrek sini, budaya selfie seringkali dilakukan di waktu dan tempat yang tidak sesuai. Alhasil, saat foto diunggah di media sosial, si pelaku selfie bukannya dapat pujian, malah kena makian dan hujatan dari para netizen.

Kasusnya pun sudah sangat banyak. Namun kasus selfie berikut ini justru membuat merinding orang yang melihatnya. Dalam foto tersebut, seorang pria tengah berfoto selfie bersama istrinya. Secara sekilas, tidak ada yang salah dengan foto tersebut dan tampak seperti foto-foto selfie pada umumnya.

Namun jika diamati lebih teliti, ada kejanggalan yang bakal membuat bulu kuduk berdiri. Jendela yang berada di belakang mereka secara logika seharusnya memantulkan bagian belakang tubuh mereka. Akan tetapi yang terjadi justru ada penampakan wajah si wanita di jendela tampak tersenyum dan seolah ikut-ikutan selfie.

Melihat keanehan foto selfie tersebut, netizen pun dibuat heboh. Ada yang menyebut penampakan makhluk halus, namun ada pula yang menduga foto tersebut hanyalah rekayasa Photoshop. "Ya ampun, apa salah wanita itu ya?" ujar salah seorang netizen mengomentari.

Namun, sebenarnya ada penjelasan ilmiah fenomena ini. Apa sih? KLIK NEXT

2 dari 2 halaman

Menanggapi kejadi itu, seorang netizen pun punya penjelasan tersendiri. "Foto ini dihasilkan dari kamera dengan shutter rolling. Sensor terkena cahaya dengan bantuan 2 panel kecil yang naik turun (atau ke kiri-kanan).

"Jika wanita itu menoleh tepat pada waktu saat jepretan, kamera akan menangkap gambar saat dia melihat ke depan dan belakang," terang @oreo250. Tapi masalahnya, shutter rolling biasanya hanya ada pada kamera DSLR. Sedangkan untuk kamera ponsel, biasanya pakai global shutter atau electronic moving shutter.

Selain itu, untuk mendapatkan foto tersebut, gerakan menoleh wanita itu harus cepat. "Kejadian ini memang sangat jarang terjadi. Tapi kalau masih penasaran, kamu bisa Googling. Karena ada banyak contoh kasusnya. Aku tidak bilang kasus ini bukan hasil photoshop, tapi kasus ini sangat ajaib jika terjadi pada kamera ponsel."