Brilio.net - Konflik yang terjadi di Palestina tak ada hentinya dan menjadi sorotan masyarakat dunia. Bahkan musisi Melly Goeslaw pun berkesempatan untuk bisa terjun langsung mendatangkan negara konflik itu untuk memberikan sejumlah bantuan.

Setelah pulang ke Tanah Air, ibu dua anak ini pun menceritakan pengalamannya selama berada di Palestina. Berikut 10 pengalaman tak terlupakan Melly Goeslaw selama berada di tanah konflik.

1. Bersama Duta Kemanusiaan Indonesia yang digelar oleh Qupro Indonesia, Melly Goeslaw bersama rombongan berangkat ke Palestina pada tanggal 18 Desember lalu.

Melly Goeslaw Palestina  © 2017 instagram

 2. Ia bersama rombongan sebanyak 15 orang mendatangi pengungsian Palestina yang letaknya di Kilis yaitu perbatasan Turki dan Suriah.

Loading...

Melly Goeslaw © 2017 brilio.net

 3. Sebanyak 120 orang pengungsi dari Palestina maupun Suriah yang rata-rata perempuan dan anak-anak.

Selain Melly Goeslaw, 3 seleb Tanah Air ini pernah kunjungi Palestina © 2017 brilio.net

4. Melihat banyaknya anak-anak yang menggemaskan di sana, istri Anto Hoes itu berencana untuk mengadopsi salah satu anak pengungsi itu namun tidak boleh. Karena menurut ceritanya, mereka harus mendapatkan trauma heeling.

Momen Melly Goeslaw  © 2017 Instagram

"Di sana, pendidikan itu yang utamanya banget, pelajaran yang diberikan itu menghafal Alquran, jadi mereka pertahankan terus ya. Dan karena Palestina itu menjaga Al-Aqsa, jadi ya dipertahankan terus," ucapnya.

5. Namun bukan perkara mudah buat Melly Goeslaw dan rombongan dari Indonesia menginjakkan kaki ke sana. Ia dan rombongan sempat tak mendapat izin untuk menyambangi camp pengungsi di Kilis.

Melly Goeslaw Palestina  © 2017 instagram

"Kami bekerjasama dengan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Turki namanya Hayat Yolu. Awalnya sempat nggak boleh masuk, tapi ketika Bang Opick yang meminta izin dan mereka tahu bahwa Bang Opik penyanyi di Indonesia akhirnya kita boleh masuk,"

6. Ia menyaksikan sendiri bagaimana keteguhan hati para pengungsi ini, meski cuaca sedang ekstrem namun mereka tetap kuat bertahan hidup.

Melly Goeslaw © 2017 brilio.net

7. Dari beberapa unggahannya di akun pribadinya, Melly memang sering melakukan kegiatan sosial, namun kegiatannya kali ini yang paling membuatnya sedih.

"Saya selalu sudah terbiasa bikin acara sosial kalau banjir, gempa bumi, dan sebagainya untuk satu wilayah yang korban banjir tuh kalau datang bantuan kan langsung berkeroyok, bergerombol terus heboh, rebutanlah. Ini nggak, yang bikin sedih tuh itu. Ini kayak hidup segan mati tak mau gimana sih, kayak sudah apatis nggak senyum, diajak ngomong juga jawabnya susah, dikasih bantuan juga nggak berekspresi," ungkapnya.

8. Selama di sana, dirinya mengaku sempat kesulitan makan. Karena makanan di sana lebih banyak menggunakan kambing dan dia tidak suka kambing.

 

Langit mendung di tanah Kilis perbatasan Suriah, angin kencang, suhu dingin mengigit tulang. Senyum cantik menyambut kedatangan kami. Ingin menangis tapi tertahan, tak ingin kehadiran kami malah menambah mendung mereka. . . Alhamdulillah hari ini selesai sdh menyerahkan donasi dari masyarakat Indonesia yg selama hampir setahun ini kami kumpulkan melalui acara2 yg di gelar oleh @qupro.idn Setelah di camp pengungsian Kilis lalu kami mendatangi beberapa rumah pengungsian lainnya tdk jauh dari situ, rumah itu di pinjamkan oleh bbrp masyarakat sini utk mrk yang berhasil lolos dari Palestina dan Suriah. Banyak dari mrk yang suami dan anaknya telah syahid . Tdk sedikit yang terganggu jiwanya. Saya sangat bersyukur dan tak henti2nya berterimaksih pada Allah SWT, karna keadaan saya dan keluarga jauuuuh lebih baik dari mrk , tp sy msh kurang baik, krg sabar, krg ikhlas, krg bersyukur . . . Terimakasih Indonesia dari mereka disini . . Biz özgürlüü secdede bulduk Kami menemukan kebebasan dalam sujud kami Allahu Akbar Organize by @qupro.idn @amril_ali #mellygoeslaw #dutakemanusiaan #savepalestine

A post shared by Melly Goeslaw (@melly_goeslaw) on

"Di sana tuh kambing semua jadi rempah-rempahnya juga bau kambing, jadi kelihatannya saya kurusan ya, kurusan dikit karena saya makannya cuma roti di sana, kalau orang di sana senengnya cuma kambing sama roti, saya ngambil rotinya aja. Terus nggak ada sambel, ya nggak sesuailah kalo makanan, tapi alhamdulillah bisa makan juga," ujarnya.

9. Usai dari penampungan di Killis, Melly Goeslaw berancana untuk ke Beirut, Lebanon. Lantaran keadaan di sana tidak kondusif dan sangat mencekam, Melly memutuskan untuk pulang ke Tanah Air.

Melly Goeslaw Palestina  © 2017 instagram

"Pas malamnya mau beragkat, tapi di sana lagi zona merah. Kita sambangi kedutaan Indonesia di sana. Mereka mempersilakan, tapi tidak menjamin keselamatan kita. Jadi kita kirim bantuan saja. Jadi kepulangan dipercepat, makanya hari ini sudah sampai di rumah. Seharusnya besok sampai rumahnya," katanya.

10. Sepulangnya dari Palestina, ia bersama Opick berencana untk membuat lagu untuk Palestina.

Selain Melly Goeslaw, 3 seleb Tanah Air ini pernah kunjungi Palestina © 2017 brilio.net

"Kalaupun saya bikin lagu untuk Palestina, saya nggak boleh ambil keuntungan. Artinya saya dan Bang Opick nggak akan ambil royalti, kalau nyanyi pun nggak dibayar, jadi itu cara berjihad kami. Pungkasnya.