4. Toilet training.

pola parenting Nikita Willy © Instagram

foto: Instagram/@nikitawillyofficial94

Pada unggahannya di media sosialnya, Nikita Willy ternyata sudah mulai mengajarkan toilet training kepada baby Izz. Ia mulai membiasakan anaknya sikat gigi dengan sikat khusus sebelum tidur.

Pola asuh Nikita Willy tersebut bisa mengajarkan anak untuk hidup secara teratur sejak dini. Anak akan terbiasa melakukan aktivitas yang baik sebelum tidur yaitu menggosok gigi.

5. Tidak memberikan gadget.

pola parenting Nikita Willy © Instagram

foto: Instagram/@nikitawillyofficial94

Nikita Willy tanpa ragu menerapkan untuk tidak memberikan gadget sejak usia dini sebagai pola parenting-nya. Menurut Nikita, dokter yang sering menangani Izz menyarankan untuk tidak memberikan ponsel pada usia anaknya yang masih tujuh bulan.

Hal ini bukan tanpa alasan, gadget bisa membuat anak kecanduan dan malas belajar. Saat anak sudah mulai diberi gadget, anak akan lebih fokus ke gadget itu. Hal ini dapat berdampak pada perkembangan bayi.

"Jadi sebisa mungkin aku tidak memberikan gadget, apalagi saat makan. Karena pada saat makan, aku mau dia benar-benar duduk, fokus dengan makanan yang ada di depannya, dan mau memasukkan makanan itu ke mulutnya," ujar Nikita dalam kanal YouTubenya, Nikita Willy Official.

Meski Nikita membatasi gadget pada anaknya, ia tetap mengizinkan sang anak untuk menonton televisi. Nikita akan mengajak Izz menonton televisi saat kedua orang tuanya juga menonton. Acara yang ditonton pun tetap harus sesuai dengan usia buah hatinya saat ini.

"Kalau TV pernah, tapi bukan saat makan. Jadi kalau misalnya kita nggak ngapa-ngapain, kita lagi ngumpul-ngumpul main di ruang keluarga, kita pernah beberapa kali memberikan dia buat nonton TV," ujarnya.