Brilio.net - Sadar nggak sih kalau materi matematika itu sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari? Rasanya bentuk benda-benda disekitar kita memiliki perhitungan matematikanya lho. Misalnya saja bentuk es krim yang menggunakan cone. Es krim cone berbentuk segitiga runcing memiliki sisi lengkung, ada titik sudut, memiliki rusuk lengkungan, dan memiliki sisi alas.

Bentuk es krim cone dalam matematika dikenal sebutan dengan kerucut. Sebenarnya nggak hanya es krim lho yang berbentuk kerucut, ada berbagai bentuk lainnya seperti topi petani, tumpeng, pembatas jalan (traffic cone), topi ulang tahun, corong plastik, cup lampu, dan berbagai benda lainnya.

Penting diketahui, kerucut merupakan salah satu materi tentang bangun ruang, karena memiliki bentuk tiga dimensi, mempunyai sisi melengkung sebagai selimut dan alasnya berbentuk lingkaran. Bisa dikatakan, kerucut adalah limas dengan alas berbentuk lingkaran.

Nah, supaya kamu lebih mudah memahami tentang volume kerucut. Berikut brilio.net jelaskan rumus volume kerucut yang lengkap dengan contoh soal dan pembahasannya, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (1/9).