Brilio.net - Industri musik Indonesia kini tengah berduka. Salah satu grup band terbaik Indonesia Seventeen baru saja kehilangan tiga personelnya sekaligus akibat tsunami yang menerjang pantai Tanjung Lesung pada Sabtu (22/12) malam. Mereka adalah Bani (bass), Herman (gitar) dan Andi (drum) yang meninggal dunia akibat tsunami yang menerjang lima kabupaten di Banten dan Lampung.

Seventeen merupakan band dari Yogyakarta yang mulai dikenal publik lewat album perdana mereka bertajuk Bintang Terpilih yang dirilis pada 2003 lalu. Saat itu posisi vokalis Seventeen masih diisi oleh Doni yang kemudian hengkang pada 2008. Tak butuh waktu lama, melalui proses audisi, Seventeen akhirnya menemukan sosok Riefian Fajarsyah alias Ifan yang menggantikan posisi Doni hingga sekarang.

Hampir 20 tahun berkarier di industri musik Tanah Air, sepak terjang para personel Seventeen tidak perlu diragukan lagi, termasuk sang gitaris Herman Sikumbang. Herman bisa dibilang menjadi salah satu personel yang membuat nama Seventeen besar. Herman juga menjadi salah satu pecipta lagu-lagu hits Seventeen dan beberapa penyanyi lainnya.

Belasan tahun berkiprah di dunia musik, Herman Seventeen pun melebarkan sayapnya hingga ranah politik. Pada Pemilu 2019 mendatang, musisi berusia 36 tahun tersebut seharusnya maju sebagai Caleg DPR RI dari Partai PKB daerah pemilihan Maluku Utara.

 jejak politik Ifan dan Herman  © 2018 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@abdulkadirkarding

Herman Seventeen dikenal kawan politiknya sebagai sosok yang baik, ayah yang bertanggung jawab dan memiliki agama yang baik. Hal tersebut diungkapkan Ketua DPP PKB, Abdul Kadir Karding melalui akun Instagram pribadinya.

"Selamat jalan Adikku, sahabatku Herman sikumbang seventeen gitaris seventeen

Saya bersaksi engkau adalah orang baik , ayah yg bertanggung jawab bagi anak istri, sahabat yg loyal dan senang membantu , teman yg menyenangkan karena menghibur kami , orang yg agamanya baik , taat ibadahnya dan berbakti pada orangtua.

Semoga engkau husnul khotimah Alfatihah #seventeenband #tanjunglesung," tulis Abdul Kadir Karding seperti dikutip brilio.net, Rabu (26/12).

Jalinan persahabatan antara Herman Seventeen dan Abdul Kadir Karding selama empat tahun yang menjadi awal ketertarikan musisi kelahiran 1982 tersebut maju ke panggung politik pada 2019. Sebagai musisi, Herman ingin memperjuangkan kebebasan berkreasi dan UU hak cipta seniman agar karyanya tidak mudah dibajak.

Namun sayang, perjalanan Herman Seventeen yang baru dimulai untuk menuju kursi Senayan harus berakhir karena bencana tsunami yang menimpa Seventeen saat beraksi di panggung di Tanjung Lesung Beach Hotel.

Herman Sikumbang bukan satu-satunya personel yang maju caleg. Langkah Herman untuk maju sebagai caleg DPR RI juga diikuti sang vokalis, Ifan. Sama seperti Herman, Ifan Seventeen juga maju sebagai caleg DPR RI melalui PKB untuk dapil Kalimantan Barat 1 yang meliputi Kabupaten Sambas, Bengkayang, Kota Singkawang dan enam kabupaten lainnya.

 jejak politik Ifan dan Herman  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ifanseventeen

Majunya Ifan Seventeen dalam putaran Pemilu 2019 bukanlah menjadi yang pertama. Sebelumnya, pada Pemilu 2014 lalu, pemilik nama lengkap Riefian Fajarsyah ini juga pernah maju sebagai caleg DPR RI untuk daerah pemilihan Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Partai Gerindra. Namun sayang, Ifan Seventeen gagal melaju ke Senayan.

Meskipun sempat merasakan kegagalan, namun hal tersebut tak menghalangi niat Ifan Seventeen untuk kembali bertarung pada putaran Pileg 2019 mendatang. Hubungan persahabatan dengan Abdul Kadir Karding membuat Ifan Seventeen juga menerima pinangan PKB sebagai kader. Ifan siap bertarung memenangkan hati rakyat untuk tiket ke Senayan lewat PKB.