1. Kiki lebih sering menang challenge selama kompetisi.

momen janggal di grand final © instagram

foto: Instagram/@belinda.mci11

Kemenangan Belinda di MasterChef season 11 ini dipertanyakan lantaran rekam jejak Kiki selama mengikuti kompetisi dinilai lebih bagus.

Dari segi statistik, Kiki relatif menonjol terutama setelah memasuki 10 besar. Ia berhasil memenangkan sekitar 9 kali untuk tantangan individu dan tantangan tim. Sedangkan Belinda, sepanjang season 11 memenangkan 2 kali challenge individu dan 3 kali challenge tim.

2. Netizen menduga Belinda dimenangkan karena lulusan Le Cordon Bleu.

momen janggal di grand final © instagram

foto: Instagram/@belinda.mci11

Sebelum ikut MasterChef Indonesia season 11, Kiki bekerja sebagai pegawai restoran. Sementara Bellinda menempuh pendidikan di Le Cordon Bleu, New Zealand dan meraih gelar Diploma De Cuisine pada Maret 2019. Sekolah yang telah berdiri sejak 1895 ini ternyata juga merupakan tempat Renatta Moeloek yang menjadi juri MasterChef menempuh pendidikan hingga mendapatkan gelar chef.

Masih satu almamater dengan Chef Renatta, membuat warganet menduga jika MasterChef season 11 ini dimenangkan oleh Belinda. Padahal warganet menyebut jika dari teknik memasak dan cara penyajian, Kiki yang merupakan seorang pegawai restoran lulusan SMK jurusan tata boga ini jauh lebih unggul darinya.

"Sorry banget nih. Lulusan Le Cordon Bleu, tapi motong daging harus dibantuin sama lawannya pula, dessert dadar gulung rasa klorofil, appetizer over powering, main course side dish salad gak niat akhirnya menjadi pemenang," tulis netizen @dodo***.

3. Belinda lebih banyak masuk pressure test.

momen janggal di grand final © instagram

foto: Instagram/@kiki.mci11

Awalnya, perjalanan Belinda di beberapa episode terbilang stabil. Namun, lambat laun Belinda harus menghadapi tahap eliminasi di pressure test untuk mengamankan posisinya. Tercatat, sebanyak 7 kali Belinda harus menghadapi pressure test yang hampir membuat dirinya harus mengembalikan apron MasterChef dan pulang tanpa hadiah.

Dibanding Belinda, Kiki lebih unggul. Selama kompetisi, Kiki hanya masuk ke pressure test sebanyak 5 kali. Meski demikian, Belinda lah yang sukses mengamankan posisi di Grand Final MasterChef Indonesia Season 11 dan menyabet gelar juara.

4. Cara penyajian makanan di Grand Final MasterChef Indonesia jadi sorotan.

momen janggal di grand final © instagram

foto: TikTok/@panggilsaja

Tak sampai disitu saja, cara serving (penyajian) makanan yang diperlihatkan Belinda dan Kiki di babak Grand Final pun tak lepas dari sorotan.

Dari tayangan MasterChef yang dibagikan ulang akun TikTok @panggilsaja, terlihat momen Belinda menghidangkan makanan dari depan juri. Berbeda dengan Kiki yang menghidangkan makanan untuk juri dari samping kiri.

Cara serving Belinda dianggap salah karena dalam penyajian makanan untuk tamu, makanan masuk dari samping kiri dan dibersihkan dari kanan. Begitupun dengan minuman yang disajikan dari samping kanan tamu restoran.

5. Kiki bantu Belinda potong daging tak ditayangkan di televisi.

momen janggal di grand final © instagram

foto: Instagram/@kiki.mci11

Kekecewaan publik terhadap penilaian juri di MasterChef season 11 diperkuat dengan unggahan Kiki di laman Instagram-nya. Muncul dugaan pihak televisi sengaja memotong salah satu momen ketika Kiki MCI membantu Belinda dalam tantangan menduplikasi menu lamb rack buatan Chef Hans Christian.

Dalam unggahan Kiki, tampak ia Kiki menyambangi station Belinda dan membantu jebolan Le Cordon Bleu itu untuk memotong daging dombanya. Sebab, terlihat jika Belinda kesulitan untuk mengeksekusi daging merah tersebut. Tantangan ini berakhir dengan keunggulan Belinda dalam menduplikasi hidangan.