Brilio.net - Artis multitalenta Maudy Ayunda sedang mencoba pengalaman baru di dunia akting. Jika selama ini dia selalu menjadi pemeran dalam sebuah film, kali ini artis yang memulai debutnya di dunia akting lewat film Untuk Rena (2005) akan berperan sebagai produser. 

Tidak tanggung-tanggung, Maudy akan memproduseri film biopik “Bapak Pendidikan Indonesia” Ki Hajar Dewantara (KHD). Film yang nantinya akan diproduksi Wahana Kreator Nusantara berkolaborasi dengan Kemendikbudristek ini akan mengisahkan tentang pemikiran-pemikiran KHD yang tentu saja akan dinarasikan dengan perjalanan hidup sang tokoh pendidikan tersebut agar bisa menjadi inspirasi bagi generasi sekarang, terutama Gen-Z.

“Film ini akan mengisahkan pemikiran-pemikiran modern tentang pendidikan. Banyak nilai-nilai yang beliau (KHD) bawa dan rasanya perlu diceritakan, perlu disampaikan. Kita percaya akan kekuatan cerita film ini,” ujar Maudy saat konferensi pers di Kantor Kemendikbud di bilangan Senayan, Jakarta, Senin (06/05/2024).

Saat ini proses awal dimulai dengan riset mengenai sosok KHD yang didukung data dari Kemendikbudristek, untuk penulisan skenario. Riset juga akan dilakukan dengan mengunjungi negeri Belanda di mana KHD pernah diasingkan di Negeri Kincir Angin tersebut.   

Berawal dari obrolan

Pengalaman pertama Maudy Ayunda jadi produser film © 2024 brilio.net Gina S Noer (kiri) dan Maudy Ayunda (foto: brilio.net/yani andriyansyah)

Nah keterlibatan Maudy untuk memproduseri film ini juga terbilang unik. Selepas menyelesaikan studi di luar negeri, Maudy sempat ngobrol dengan Gina S Noer sang sutradara KHD. Awalnya mereka bicara biasa saja, namun pembicaraan mereka pun semakin intensif termasuk membahsa mengenai sosok KHD.

Merasa memiliki kesamaan pemikiran mengenai sosok KHD akhirnya antara Maudy dan Gina sepakat untuk mengejawantahkan pembicaraan mereka melalui karya film KHD. “Dari obrolan itu akhirnya jadi semakin dalam dan akhirnya sampai di hari ini,” ungkap Maudy.