Brilio.net - Masih ingat ajang pencarian bakat paling fenomenal di awal tahun 2000-an dulu? Kalau kamu anak 90-an pasti sudah nggak asing sama acara yang satu ini. Akademi Fantasi Indonesia (AFI) yang disiarkan di salah satu stasiun televisi swasta Tanah Air pada 2003 lalu menjadi favorit pemirsa, terutama kalangan anak muda.

Dengan finalis sebanyak 12 orang, para akademia (sebutan bagi finalis AFI) dikarantina selama kurang lebih 3 bulan. Setiap minggunya, akan ada akademia yang tereliminasi. AFI 1 mungkin menjadi ajang yang paling diingat oleh publik. Pasalnya, mereka adalah angkatan pertama dalam ajang pencarian bakat di bidang suara.

Dengan beranggotakan Sifera Dewi Nazarina, Rini Astuti, Dicky Hariadi, Romy, Melissa Felicia Wuwungan, Ismail Rojali, Yenny Rizkyanti, Herawati, Dewi Lastmi, Mawar Dhimas Febra Purwanti, Petrus Kia Suban, dan Veri Affandi yang keluar sebagai jawaranya, tentu masih ada di kenangan kita.

Di tahun 2000-an, AFI menjadi salah satu tontonan paling diminati masyarakat Indonesia. Ya, ajang tersebut bahkan ratingnya terbesar saat itu. Seperti diketahui AFI mulai mengudara di tahun 2003 silam dan sukses menghasilkan beberapa nama yang kini masih melanjutkan kariernya di dunia hiburan. Beberapa nama yang hingga kini masih rutin muncul di layar kaca.

Loading...

Kira-kira bagaimana kabar mereka sekarang ya? Nah untuk kamu penasaran berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber potret terbaru mereka, Kamis (31/10).

1. Veri Affandi.

Begini kabar terbaru 12 personil AFI 1 Instagram

foto: Instagram/@very_well_07

Dari 12 peserta, nama Veri Affandi jadi juaranya. Veri merupakan peserta yang berasal dari Medan. Veri mampu mengalahkan Kia dan Mawar di Grand Final AFI 1. Suaranya yang khas dengan cengkok melayunya, menjadi alasan mengapa Veri bisa menjadi juara.

Selain suaranya yang khas, latar belakang kehidupan Veri membuat banyak orang bersimpati. Veri selalu bisa membuat penonton terharu mendengarkan cerita hidupnya yang hanya anak dari tukang becak. Namun berkat kerja kerasnya, kini Veri mampu mengubah nasibnya menjadi lebih baik.

16 tahun berselang, kini penampilan Veri berubah total. Veri semakin tampan dan beberapa kali kerap terlihat di layar kaca televisi.

2. Petrus Kia Suban.

Begini kabar terbaru 12 personil AFI 1 Instagram

foto: Instagram/@kia_suban

Pria satu ini pernah bikin wanita menjerit histeris ketika AFI pertama masih begitu booming. Meskipun katanya lebih punya banyak fans dari siapa pun di AFI angkatan pertama, tapi hal tersebut tak cukup membantunya untuk menjadi juara. Meskipun begitu, perolehan Kia di ajang ini tak buruk dengan raihan juara 2.

Seusai kontes menyanyi tersebut berakhir, Kia masih disibukkan dengan menyanyi. Kala itu ia masih sangat dikenal dengan single-nya yang berjudul Harus Sampai di Sini. Kia juga punya sebuah album rohani. Kini sang juara dua tinggal di Amerika Serikat untuk menempuh pendidikan dan bisnis.

3. Mawar Dhimas Febra Purwanti.

Begini kabar terbaru 12 personil AFI 1 Instagram

foto: Instagram/@mysamawar,

Veri, Kia dan Mawar adalah tiga besar pemenang AFI musim pertama. Dari ketiganya, sosok Mawar cukup menyita perhatian, pasalnya ia memiliki suara yang cukup merdu. Meskipun ia hanya juara tiga, namun masyarakat telah jatuh hati padanya.

Selain memiliki suara emas, Mawar juga memiliki paras yang cukup imut dan menggemaskan. Namun sayangnya ketenaran Mawar tak berlangsung lama, dirinya kemudian mundur dari industri hiburan dan memilih hidup sebagai orang biasa.

Meskipun demikian, Mawar tampak bahagia dengan keluarganya. Ia juga masih eksis di media sosial, Instagram. Tak hanya itu saja, kini Mawar semakin cantik dan memesona.

4. Sifera Dewi Nazarina.

Begini kabar terbaru 12 personil AFI 1 Instagram

foto: Instagram/@venaza_

Selain Mawar, AFI pertama juga dihuni oleh wanita cantik bernama Ve. Meskipun hanya juara empat dan harus merasakan malam eliminasi yang dramatis itu, namun soal penampilan Ve termasuk bagus. Ia punya ciri khas suara yang dalam. Ya, karena sistem penilaiannya hanyalah SMS dan telepon, maka ia tak mampu jadi yang terbaik. Meskipun katanya dulu punya fanbase yang besar di Malang.

Selepas AFI, Ve masih berjibaku dengan dunia musik. Ia sempat mengeluarkan single namun sayangnya tidak jadi hits. Sambil mengisi waktu ia pun bernyanyi di gereja. Tak seperti alumnus yang lain, hingga sekarang Ve masih berusaha untuk bisa eksis lagi di dunia tarik suara. Wanita ini pun memang sepertinya tidak bisa lepas dari dunia kontes menyanyi. Bukan untuk ikut lagi kontes yang serupa, tapi ia ternyata menikah dengan mantan kontestan Indonesian Idol bernama Nobo.

5. Rini Astuti.

Begini kabar terbaru 12 personil AFI 1 Instagram

foto: YouTube/Donita Adi TV

Rini juga jadi wanita yang menyita perhatian kala kontes ini masih sangat booming. Perawakannya kalem dan sepertinya sangat penyayang. Dulu, jika kamu ingat sosok wanita manis ini sering sekali digosipkan dengan Romi AFI walaupun kejelasannya sudah tidak diketahui lagi sekarang.

Rini AFI hampir tidak diketahui kabarnya sekarang. Entah ia masih menyanyi atau fokus terhadap keluarga saja. Rini sempat menjadi presenter di sebuah acara di TVRI dan pernah juga jadi juri untuk ajang AFI Junior.

6. Dicky.

Begini kabar terbaru 12 personil AFI 1 Instagram

foto: Instagram/@dickysaputro

Berbeda dengan para peserta AFI lainnya yang mengalami perubahan, Dicky justru terlihat nggak banyak berubah. Kalau dulu wajahnya mungil imut-imut, sekarang pun masih sama. Bedanya mungkin hanya ada di tampilan rambut. Kalau dulu, Dicky selalu khas dengan tampilan rambut gondrong, saat ini rambutnya dipotong sangat pendek.

Meski tampilan rambut berubah, tapi wajahnya masih benar-benar sama kan? Tentu nggak bikin pangling kalau suatu saat nanti ketemu. Bisa dibilang, Dicky ini satu-satunya alumni AFI yang awet muda banget

7. Romi.

Begini kabar terbaru 12 personil AFI 1 Instagram

foto: Instagram/@romikartiko04

Selepas dari AFI, wajah Romi memang jarang terlihat di layar kaca televisi. Meski begitu, ternyata pria kelahiran 1982 ini masih eksis di dunia tarik suara. Ia juga masih menyanyi dalam acara off air. Ia juga sempat merilis single yang berjudul "Sejauh Apa" pada tahun 2017 silam. Menariknya, di usianya yang hampir kepala 4, tepatnya 37 tahun Romi AFI justru semakin tampan dan gagah.

8. Melissa Felicia Wuwungan.

Begini kabar terbaru 12 personil AFI 1 Instagram

foto: Instagram/@lissawuthang

Salah satu kontestan AFI 1 adalah Mellissa Felicia Wuwungan atau yang biasa dikenal Icha AFI. Ia mengikuti ajang pencarian bakat tersebut pada musim pertama tahun 2003 silam. Siapa sangka, wanita yang memiliki suara merdu dan dulu berambut pendek itu kini hobi berolahraga. Icha yang juga sebagai dokter gigi ini kerap mengunggah foto dirinya berolahraga. Berbagai olahraga ia lakukan, termasuk olahraga ekstrem.

9. Ismail Rojali.

Begini kabar terbaru 12 personil AFI 1 Instagram

foto: Instagram/@abi_ismail30

Ismail Rojali atau Smile AFI ini jarang mengunggah aktivitasnya di Instagram atau media sosial lain. Namun dirinya memiliki sebuah menejemen artis dengan @pekerjaseniolehabiismail. Meski tak lagi tampil di televisi, Smile masih bisa disapa di akun Instagramnya.

10. Yenny Rizkyanti.

Begini kabar terbaru 12 personil AFI 1 Instagram

foto: Instagram/@yennysyen

Dulu Yenny AFI dikenal sebagai finalis yang memiliki pipi tembem, namun senyumnya sangat manis. Kini, sepuluh tahun sudah pasca AFI digelar, Yenny sudah berubah. Wajahnya makin tirus, tubuhnya pun lebih langsing. Dengan berbagai perawatan yang ia lakukan, Yenny sekarang secantik artis Korea.

11. Herawati.

Begini kabar terbaru 12 personil AFI 1 Instagram

foto: Instagram/@heramil

Herawati, atau yang kerap disapa Hera adalah finalis AFI asal Surabaya. Salah satu anggota Trio AFI (Hera-Latsmi-Yenny). Kini ia sibuk menjadi ibu rumah tangga dengan tiga anak.

12. Dewi Lastmi.

Begini kabar terbaru 12 personil AFI 1 Instagram

foto: Instagram/@dewi_lastmi

Meski tak keluar sebagai juara, namun Lastmi tetap begitu dikenang oleh para pemirsa. Setelah lama menghilang tanpa kabar, ternyata Lastmi dinikahi oleh seorang pria asal Jepang yang bernama Miyakawa Katsutoshi. Bukan pria biasa, Miyakawa diketahui sebagai seorang diplomat Jepang loh. Dari pernikahannya, Lastmi dikaruniai 3 orang anak, yakni Reina, Masaki dan Yukari.