Brilio.net - Sejak mundur dari band Noah pada Agustus 2019 lalu, Mohamad Kautsar atau yang akrab disapa Uki benar-benar menghilang dari skena industri musik. Lantas, apa aktivitas mantan gitaris Noah ini sekarang?    

Rupanya, Uki saat ini sibuk dengan sejumlah kegiatan. Ia kini berkonsentrasi pada kegiatan sosial di antaranya menggagas gerakan Rumah Makan Gratis Uki Kautsar dan membuka donasi untuk berbagi. Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Uki terhadap sesama untuk saling membantu, khususnya saat ini di tengah bulan Ramadan.

“Iya, saat ini saya berusaha lebih banyak menghabiskan waktu dengan beribadah dan kegiatan sosial,” ujar Uki.

Uki eks Noah © 2021 brilio.net

Selain itu, Uki juga sibuk mengembangkan usaha pakaian Muslim rintisannya, Emka Clothing. Selain menjual secara offline dan mengikuti pameran, Uki juga menjual produknya melalui toko daring atau webstore.

Uki Noah menggunakan layanan sakoo.id, sebuah aplikasi yang berbasis di website, yang menyediakan solusi manajemen toko digital yang terintregasi dalam satu platform. Untuk webstore ini, produk jualan Uki bisa diakses via emka.sakoo.id.

Uki juga memasarkan Emka Clothing melalui toko online di beberapa marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Uki menggunakan Sakoo untuk mengintegrasikan kedua toko marketplace tersebut, sehingga pengelolaannya menjadi satu kesatuan lewat satu platform saja.

Uki eks Noah © 2021 brilio.net

Salah satu alasan Uki menggunakan sakoo.id ini, adalah kemudahannya secara sistem dalam pengoprasian fitur-fiturnya. Selain mengintegrasikan marketplace, Sakoo juga menyediakan layanan webstore untuk memaksimalkan penjualan.

“Saat ini saya fokus untuk mengembangkan pasar yang lebih luas dengan mengelola penjualan di berbagai marketplace melalui sakoo.id. Jadi waktu yang saya butuhkan lebih efisien,” lanjut Uki. 

Uki berharap, semoga di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, ia bisa turut mengispirasi, terutama anak muda untuk terus berkarya, walau berada di tengah keterbatasan.

“Jangan takut untuk memulai sesuatu yang baru. Dimulai dari hal kecil apabila ditekuni, InSyaa Allah akan menjadi besar dan berkah,” katanya lagi.