"Nah tiba-tiba ada sakit baru yang didiagnosa, ada kanker payudara. Ya pasti saya sedih, saya sedih tapi saya nggak boleh marah," lanjutnya.

Nunung Srimulat kanker payudara © YouTube

foto: YouTube/MOP Channel

Vonis kanker ditegaskan setelah Nunung melakukan serangkaian pemeriksaan. Mulai dari USG hingga biopsi untuk mengetahui sifat tumor apakah jinak atau ganas.

Usai didiagnosis, Nunung langsung menjalani berbagai pemeriksaan untuk mengetahui jenis kanker payudara yang diidapnya, serta mengetahui perkembangan sel-sel kanker tersebut. Nunung berharap kanker payudara yang diidapnya belum menyebar ke organ yang lain.

"Kemarin biopsi, kalau hari ini ambil darah. Kemarin sih sudah foto kayak foto untuk paru-paru, untuk semuanya jadi sudah menyebar ke mana, mau dilihat. Mudah-mudahan sih nggak (nyebar)," tutur Nunung.

Saat mengetahui kondisinya itu, Nunung mengaku takut untuk menjalani kemoterapi. Ia melihat mendiang kakaknya yang rambutnya habis usai menjalani serangkaian kemoterapi. Nunung sadar bahwa proses kemoterapi tidak dilakukan sekali, melainkan proses penyembuhan yang panjang.

"Iyaa saya paling takut untuk kemo, saya kan lihat kakak saya dia rambutnya habis digundulin," ujarnya.

Nunung Srimulat kanker payudara © YouTube

foto: YouTube/MOP Channel

Usai divonis dokter soal kanker payudara, Nunung juga mengaku sudah memulangkan seluruh keluarga yang ia tanggung di Jakarta ke Solo. Diketahui, Nunung merupakan tulang punggung keluarganya. Bahkan ia harus membiayai 50 anggota keluarganya.

Nunung juga meminta mereka bertanggung jawab mencari nafkah sendiri. Pasalnya, saat ini Nunung ingin fokus untuk menyembuhkan penyakit ganasnya tersebut.

"Saya lagi fokus sama diri saya, makanya saya ngasih pengetahuan ke keluarga besar saya yang ada di Jakarta, saya pulangkan ke Solo semua," imbuhnya.

"Aku minta sama mereka untuk sementara ini kalian mau nggak mau, bisa enggak bisa kalian harus usaha apalah, kalian harus ada pemasukan." tegasnya lagi.