Brilio.net - Munculnya pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 ini memang sangat meresahkan masyarakat. Segala aktivitas harus dibatasi mulai dari sekolah, bekerja, hingga berkumpul bersama keluarga dan teman. Mereka diharuskan berdiam diri di rumah dan menerapkan 3M, Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak.

Hingga saat ini, kasus Covid-19 setiap harinya meningkat pesat. Bagi orang yang terpapar virus ini, gejalanya pun beragam. Mulai dari demam, batuk, flu, sesak napas, dan lainnya.

Saat ini sudah banyak masyarakat yang terpapar virus ini. Tak terkecuali para selebriti Tanah Air. Bahkan di awal tahun 2021 ini, sudah banyak sekali seleb yang mengumumkan bahwa diriya positif Covid-19. Beberapa seleb ini pun membagikan pengalamannya selama menjalani masa isolasi hingga penyembuhan.

Seperti apa yah kisah perjuangan para selebriti melawan Covid-19? Berikut rangkumannya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (28/1).

1. Donna Agnesia

Loading...

Perjuangan seleb dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dagnesia

Baru-baru ini, Donna Agnesia mengumumkan bahwa dirinya positif Covid-19 di akun media sosial pribadinya @dagnesia pada Senin (25/1).

"Hai semua di kesempatan ini aku mau menyampaikan kalau hasil dari tes PCR tanggal 21 Januari 2021 aku positif terpapar virus Covid-19," ucap Donna.

Dalan unggahannya, ibu tiga anak itu pun menjelaskan gejala yang dialaminya hanya batuk pilek.

"Setelah konsultasi dengan dokter, gejala yang aku rasakan masih tergolong ringan, sedikit pilek dan pusing tapi nggak demam dan saturasi bagus, hasil tes lab dan hasil rontgen paru juga bagus," tambahnya.

Hingga saat ini, Donna masih menjalani isolasi mandiri. Ia pun banyak melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan sistem imun. Misalnya menjaga makan dan minum multivitamin.

"Aku juga berjemur supaya kondisi tubuh aku tidak drop dan cepat pulih," jelasnya.

2. Helmy Yahya

Perjuangan seleb dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@helmyyahya

Presenter kondang Helmy Yahya dalam unggahannya di kanal YouTube Helmi Yahya Bicara mengungkapkan bahwa pada 12 Januari kemarin ia dinyatakan positif Covid-19 setelah pulang dari road trip bersama keluarga ke Cirebon, Magelang, Batu, hingga Bali.

Bapak empat anak itu mengaku tidak mengalami gejala apapun, hanya saja ia sempat demam hingga akhirnya ia memilih untuk melakukan isolasi dan perawatan di rumah sakit. Namun Helmy mengatakan bahwa mencari rumah sakit tidak mudah.

"Saya minta dirawat karena sempat panas sampai 38 derajat. Tapi cari rumah sakit nggak gampang ke sana kemari, nanya sama teman yang dokter untuk konsultasi dan dapat (ruangan) saya minta kamar yang bisa satu kamar sama anak saya yang juga Covid-19, biar saya seneng juga," tambahnya.

Setelah merasakan tubuhnya sudah lebih baik, akhirnya pada tanggal 17 Januari ia kembali melalukan tes PCR, namun ternyata hasilnya masih positif. Hal itu pun yang membuat ia merasa sangat down.

"Walaupun saya motivator tapi sulit banget motivasi diri saya. Saya down banget dan minta pil tidur sama dokter. Untungnya banyak dukungan dari sahabat dan juga istri saya," lanjutnya.

Helmy mengatakan bahwa dirinya teringat salah satu kunci untuk sembuh dari virus ini adalah harus bahagia. Akhirnya ia pun melakukan banyak aktivitas yang dapat membuat pikirannya lebih tenang.

"Saya jalan-jalan di dalam kamar, nonton televisi, buka YouTube. Bikin diri sendiri happy," ucapnya.

Akhirnya pada tanggal 21 Januari setelah cek semua kesehatan, Helmy kembali melakukan test PCR. Dokter pun sudah memperbolehkan dirinya untuk pulang karena melihat kondisinya sudah sehat. Tanggal 22 Januari, ia pun dinyatakan negatif.

3. Anji

Perjuangan seleb dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@duniamanji

Musisi Erdian Aji Prihartono atau yang dikenal sebagai Anji Manji dinyatakan positif Covid-19 pada 7 Januari 2021 lalu. Anji mengatakan bahwa dirinya terpapar virus tersebut saat dirinya di Bandung karena sempat bertemu banyak orang dan membuat konten beberapa hari.

"Seminggu setelah saya dari Bandung, dan menunggu waktu pulang saya tes PCR karena akan mengisi acara di salah satu stasiun televisi swasta bersama Melly Goeslaw, Ruth Sahanaya, dan Pinkan Mambo. Sampai Jakarta tes PCR ternyata hasilnya positif," ujarnya dalam kanal YouTube Dunia Manji.

Anji mengatakan bahwa dirinya tidak mengalami gejala apapun. Akhirnya ia pun memutuskan untuk isolasi mandiri di studio miliknya dan tetap mengonsumsi multivitamin dan menjaga asupan makanan untuk tetap menjaga imunitas tubuh.

Sejak hari ke-7 masa isolasi mandiri, Anji rajin memeriksa diri dengan tes antigen menggunakan air liur. Ia pun membeli sendiri alat tersebut untuk mengetahui kondisi badannya.

"Di hari ketujuh, saya membeli SARS-COV-2 Antigen Detection melalui air liur. Ini dilakukan pagi hari, sebelum makan dan sebelum minum."

Setelah mengetahui kondisinya membaik, pada 12 Januari 2021 Anji kembali menjalani tes PCR. Di hari ke-13, ia pun dinyatakan negatif Covid-19.

4. Chicco Jerikho

Perjuangan seleb dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@chicco.jerikho

Pada awal Januari 2020, aktor tampan Chicco Jerikho mengumumkan bahwa dirinya dinyatakan positif Covid-19. Lewat Instagram miliknya, Chicco mengunggah foto tangan menempel ke jendela. Terlihat dalam foto tersebut penampakan lingkungan tempat ia melakukan isolasi.

"Akhirnya kenalan juga sama Covid, tapi Puji Tuhan Istri dan Anak saya aman," tulisnya seperti dilansir brilio.net dari akun Instagram @chicco.jerikho pada Kamis (28/1).

Dalam unggahan itu ia pun berpesan kepada para followers-nya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Ia juga mengatakan sempat abai dalam penggunaan masker.

"Buat kalian diluar sana yang belum kena tetap waspada patuhin protokol jangan sampai kecolongan seperti saya, masker jangan pernah dicopot kecuali bener2 merasa aman. Cuci tangan sesering mungkin," tambahnya.

Hingga saat ini suami dari Putri Marino itu masih menjalani penyembuhan. Dari pantauan brilio.net terlihat ia bersama rekan satu kamar sedang diinfus vitamin oleh seorang dokter.

"Thankyou @doctorsiska and team for risking your lives to save people from this pandemic. I appreciate your bavery. Thakyou for always fighting! And stay safe everyone," tulisnya.

5. Kalina Oktarani

Perjuangan seleb dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kalinaoktarani

Belum lama ini, mantan istri Deddy Corbuzier dinyatakan positif Covid-19. Awalnya ia sempat tifus dan kondisi kesehatannya sempat menurun saat berlibur di Bali. Ia sempat menjalani tes swab antigen dan PCR, hasilnya negatif Covid-19.

Namun karena kondisinya yang tak kunjung membaik, kekasihnya, Vicky Prasetyo, akhirnya membawa Kalian ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Tapi karena keadaan saya yang masih lemah, akhirnya mas Vicky berinisiatif melarikan saya ke RS dan saya dirawat di RS," tulis Kalina dalam unggahan Instagram, seperti yang dilansir brilio.net, Kamis (28/1).

Setibanya di rumah sakit, Kalina menjalani pemeriksaan laboratorium dan CT scan. Hasil CT scan menyatakan Kalina mengidap pneumonia. Ia kemudian dipindahkan ke ruangan lain khusus pasien corona karena diduga pasien suspek Covid-19.

Mengetahui dirinya mengidap pneumonia, keesokan harinya ia pun mejalani tes PCR. "Siangnya dokter datang visit, dan dokter bilang saya positive COVID.. Saya langsung kasih tau mas Vicky dan anak saya @azkacorbuzier. Saya tanya apakah hasil PCR sudah keluar? Dokter menyimpulkan dari hasil test lab dan CT Scan yg saya punya..Sedih, itu yg saya rasakan," paparnya.

Tak lama berselang hasil tes PCR pun keluar dan menunjukkan Kalina negatif Covid-19.

6. Aliff Alli Khan

Perjuangan seleb dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@aliff.alli

Pada awal Januari 2021, publik dikejutkan dengan kabar aktor muda Aliff Alli Khan kritis karena positif Covid-19. Sejak dinyatakan positif, Aliff Alli menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet. Mengetahui kondisinya melemah, akhirnya Aliff pun dipindahkan ke rumah sakit rujukan lantaran peralatan medis di Wisma Atlet tak memadai.

"Dari Wisma Atlet kami dengar mereka tidak mempunyai alat-alat yang menunjang jadi pak Aliff harus pindah. Masih di Wisma Atlet, kami masih mencari rumah sakit yang itu (rujukan)," kata sang pengacara Asgar Sjarfi seperti dilansir brilio.net dari liputan6.com, Kamis (28/1).

Selama masa pemulihan, adik dari Miller Khan itu juga sempat menurun dan kritis. Pasalnya perasaan stres dengan penyakit bawaan yang ia miliki dan juga kasus perceraian yang sedang ia hadapi bersama Aska Ongi. Bahkan ia juga sempat dibantu dengan alat pernapasan selang oksigen.

Lebih dari tiga minggu menjalani masa kritis, kini Aliff sudah membaik dan sudah dinyatakan negatif. Namun ia masih harus banyak istirahat karena kondisinya melemah dan harus menjalani pemulihan.

7. Andika eks Kangen Band

Perjuangan seleb dari Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@babang_andikamahesa

Andika Mahesa atau yang dikenal sebagai Andika eks Kangen Band sempat dinyatakan Covid-19. Kabar mengenai hal itu beredar lewat pesan singkat WhatsApp. Sebelum kemudian dikonfirmasi perwakilan keluarga Andika. Pemilik nama lengkap Maesa Andika Setiawan ini juga telah membenarkan kabar tersebut.

"Iya kena Covid gue," kata Andika Mahesa melalui pesan WhatsApp seperti dilansir brilio.net dari liputan6.com, Kamis (28/1).

Pelantun lagu Yolanda itu mendapat perawatan di salah satu rumah sakit di Lampung karena mengalami gejala mengalami sesak napas dan pandangan buram. Ia juga sempat menggunakan alat bantu pernapasan.