Brilio.net - Hingga saat ini kasus positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Bahkan sudah banyak masyarakat yang terpapar virus corona. Tak terkecuali para selebriti Tanah Air. Gejalanya pun beragam mulai dari demam, sesak nafas, batuk, dan yang lainnya.

Belum lama ini, presenter kondang Helmy Yahya mengumumkan dirinya sempat terpapar virus corona pada awal tahun 2021. Ia terpapar virus itu setelah menjalani road trip Cirebon, Magelang, Batu, hingga Bali.

Melalui kanal YouTube Helmi Yahya Bicara, ia menceritakan pengalaman dirinya selama menjalani karantina.

"Saya merasa ditegur, dijewer, tapi juga dikasih hadiah dan disadarkan juga oleh Allah. Pas pulang liburan saya test PCR ternyata saya positif Covid-19, dan saya (positif) itu dengan anak saya yang nomor dua," kata Helmy Yahya di kanal YouTubenya seperti dilansir brilio.net, Rabu (27/1).

Lantas seperti apa ya cerita perjuangan Helmy Yahya hingga dinyatakan negatif? Berikut rangkumannya.

Loading...

1. Tanpa gejala.

Helmy yahya positif covid © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@helmyyahya

Saat dinyatakan positif, pria 58 tahun itu mengaku tidak merasakan gejala apapun. Akhirnya ia memutuskan untuk isolasi mandiri hingga 12 Januari 2021. Pada tanggal itu ia pun sempat test PCR dan hasilnya masih positif.

2. Sulit mendapatkan rumah sakit.

Helmy yahya positif covid © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@helmyyahya

Setelah melihat hasil test PCR yang masih positif, bapak empat anak itu memilih untuk masuk rumah sakit karena kondisinya sempat menurun. Namun, ia kesulitan mendapatkan rumah sakit.

"Saya minta dirawat karena sempat panas sampai 38 derajat. Tapi cari rumah sakit nggak gampang ke sana kemari, nanya sama teman yang dokter untuk konsultasi dan dapat (ruangan) saya minta kamar yang bisa satu kamar sama anak saya biar seneng juga," tambahnya.

3. Sempat down.

Helmy yahya positif covid © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@helmyyahya

Setelah melakukan perawatan dan isolasi, pada 17 Januari 2021 ia putuskan untuk kembali test PCR karena merasa tubuhnya sudah sehat dan baik-baik saja. Hasilnya ternyata masih positif. Helmy mengaku sangat down saat itu.

"Walaupun saya motivator, tapi sulit banget motivasi diri saya. Saya down banget dan minta pil tidur sama dokter. Untungnya banyak dukungan dari sahabat dan juga istri saya," lanjutnya.

4. Kurang terapkan protokol kesehatan.

Helmy yahya positif covid © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@helmyyahya

Helmy mengaku kurang menerapkan protokol kesehatan. Selama perjalanan liburan ia banyak sekali bertemu orang dan ia juga jarang menggunakan masker.

"Kelemahan saya itu saya nggak betah pakai masker. Misal pakai masker saya turunin di bawah hidung terus saya pakai lagi. Terus juga saya banyak ketemu orang yang minta foto dan saya paling nggak bisa nolak, banyak yang minta foto tapi minta saya buka masker. Itu pengalaman banget jadi nggak boleh main-main," paparnya.

5. Mengatasi kebosanan.

Helmy yahya positif covid © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@helmyyahya

Beruntungnya selama masa isolasi, Helmy bersama sang anak jadi banyak bercerita dan juga bercanda sehingga mengalihkan rasa stres.

"Saya jalan-jalan di dalam kamar, nonton televisi, buka YouTube. Bikin diri sendiri happy," ucapnya.

6. Dinyatakan negatif.

Helmy yahya positif covid © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@helmyyahya

Pada 21 Januari 2021 setelah cek semua kesehatan, Helmy kembali melakukan test PCR. Dokter pun sudah memperbolehkan dirinya untuk pulang karena melihat kondisinya sudah sehat.

"Hasil keluar di tanggal 22 dan saya dinyatakan negatif," imbuhnya.