Brilio.net - Adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak buruk terhadap perekonomian masyarakat Indonesia. Pembatasan aktivitas masyarakat tentu berpengaruh besar pada aktivitas bisnis, yang kemudian berimbas pada perekonomian. Kinerja ekonomi yang melemah ini turut pula berdampak pada situasi ketenagakerjaan di Indonesia.

Tak sedikit perusahaan yang bangkrut, bisnis sepi, sehingga membuat seseorang harus mengatur strategi ulang agar tetap bertahan di kondisi pandemi. Hal ini ternyata tak hanya dirasakan oleh masyarakat biasa, seorang penyanyi dangdut papan atas seperti Inul Daratista pun terkena dampak buruk dari adanya pandemi.

Inul Daratista tak kuat lagi menalangi gaji karyawannya. Dirinya pun terpaksa mem-PHK semua karyawannya yang ada di Jakarta. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (5/11) Inul Daratista pernah memberikan pengumuman sekaligus permintaan maaf karena terpaksa harus menutup sementara gerai karaoke Inul Vizta, dalam sebuah unggahan di Instagram pribadinya @inul.d.

Inul PHK Karyawan © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@inul.d

Loading...

Kebijakan itu dilakukan untuk menekan tingginya tingkat penyebaran virus corona atau Covid-19. Dalam unggahannya, Inul mengatakan jika ia terpaksa harus menutup sekitar 60 gerai karaoke miliknya yang tersebar di seluruh Indonesia pada bulan Maret lalu.

"Info buat temen2 semua, klo @inulviztaofficial sementara tutup dulu ya.. demi mendukung pemerintah, dalam mengurangi penyebaran Covid-19, Untuk info lainnya, diupdate terus di @inulviztaofficial ya.. Matur Suwuuun. Semoga kita semua sehat, dan senantiasa dalam lindungan Allah Swt," tulis Inul.

Inul Daratista mengatakan bahwa selama ini dirinya terpaksa harus memakai uang cadangan untuk memberikan gaji karyawannya.

"Pakai uang perusahaan, ya kalau bertahan udah pasti saat ini banyak nomboknya daripada untungnya karena kita kan enggak ada omzet enggak ada profit apapun ya jadi ya banyak pakai uang sendiri pakai uang karyawan," ungkap Inul Daratista.

Setelah beberapa bulan terpaksa menutup gerai karaokenya karena pandemi tak kunjung berakhir, Inul akhirnya memutuskan untuk mem-PHK seluruh karyawannya yang ada di Jakarta. Sekitar 20 lebih gerai karaoke miliknya yang ada di Jakarta pun terpaksa masih harus ditutup sampai waktu yang belum bisa dipastikan.

Inul PHK Karyawan © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@inulviztaofficial

"Semua aku PHK yang di Jakarta, maaf ya soalnya udah 8 bulan lebih. Jadi harap maklum, kalau di daerah lain si enggak ada paling sebagian di rumahkan tapi udah mulai masuk lagi," kata Inul

"Satu outlet ada 75 karyawan, kalau di atas 30-40 (outlet) hitung sendiri berapa tuh," pungkasnya.