Brilio.net - Ajang pencarian bakat menyanyi pernah begitu populer dan menjadi program andalan di banyak stasiun TV swasta Tanah Air. Salah satunya ialah Akademi Fantasi Indosiar atau AFI.

Ajang pencarian bakat yang diadaptasi dari program La Academica dari stasiun Azteca TV, Mexico ini merupakan ajang pencarian bakat menyanyi kedua di Indonesia setelah Popstars. Kendati begitu, ini merupakan pioner dari kompetisi menyanyi di Indonesia yang memadukan voting penonton lewat SMS dan penilaian juri.

Uniknya, AFI hanya menetapkan satu juri tetap di sejumlah season-nya. Sementara itu, juri lain yang sebagian besar merupakan penyanyi senior berkedudukan sebagai juri tamu.

Nah, lalu siapa saja ya sosok-sosok penyanyi senior yang pernah mengisi kursi juri ini? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (26/9), berikut daftarnya.

1. Trie Utami.

Loading...

juri senior AFI berbagai sumber

foto: Instagram/@iietrieutami

Meski jarang tampil di layar kaca, Trie Utami ternyata masih tetap aktif di industri musik Tanah Air. April lalu, perempuan kelahiran 1968 ini kembali merilis album yang bertajuk Kekasih Bayangan. Bersama dengan rekannya di Krakatau band, Pra Budi Dharma, ia mempersembahkan sembilan lagu bernuansa etnik folk yang dipadukan dengan synthesizer.

2. Titiek Puspa.

juri senior AFI berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Saat ini Titiek Puspa telah berusia 82 tahun. Hingga kini ia masih sering mendapatkan job mulai dari bernyanyi dan menjadi bintang tamu. Beberapa waktu yang lalu, lewat akun Instagram-nya, pelantun Kupu-Kupu Malam ini mengaku sedang menjalani proses syuting iklan.

3. Vina Panduwinata.

juri senior AFI berbagai sumber

foto: Instagram/@vinapanduwinata_real

Dalam usia yang sudah menginjak kepala 6, pelantun lagu Burung Camar ini masih tetap aktif bernyanyi. Belum lama ini, bersama dengan grup vokal 7 Bintang, Vina berkesempatan menyanyikan sebuah single anyar berjudul Buatlah Dunia Tersenyum Kembali.

4. Rita Effendi.

juri senior AFI berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Walaupun tak lagi aktif di layar kaca, Rita Effendi ternyata masih menekuni dunia tarik suara. Lewat akun Instagram-nya, ia mengaku masih aktif bernyanyi khususnya di show off-air.

Pada tahun 2019, perempuan kelahiran 1969 ini bahkan kembali ke studio rekaman. Ia berduet dengan Melly Goeslaw dan membawakan lagu Kusadari, tembang lawas karya Dian Pramana Putra dan Deddy Dukun.

5. Dewi Yull.

juri senior AFI berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Pada usia 59 tahun, artis dan penyanyi Dewi Yull tetap aktif menjalani tur menyanyi. Dia juga masih aktif dalam dunia seni peran. Terbaru ia bermain dalam sebuah film berjudul Elang The Movie. Sayangnya, film tersebut belum sempat dirilis lantaran terbentur pandemi virus corona.

6. Ruth Sahanaya.

juri senior AFI berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Tepat pada tahun ini, karier Ruth Sahanaya di industri musik Indonesia telah menginjak 33 tahun. Bersamaan dengan itu, ia lantas memutuskan untuk menggelar sebuah konser pada Februari lalu. Dalam konser bertajuk A Musical Journey of Ruth Sahanaya, ia menyuguhkan lagu-lagu hits-nya dari awal berkarier hingga album terakhirnya.

7. Yana Julio.

juri senior AFI berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Anggota grup vokal Elfa's Singers ini masih sibuk berkecimpung di dunia musik. Beberapa waktu lalu, pria kelahiran 1960 tersebut sempat menjadi juri di ajang pencarian bakat menyanyi yang digelar oleh pemerintah, yakni BUMN Go Talent, dan merilis single Rahasia Bahagia ciptaan Randy Nidji.

8. Harvey Malaihollo.

juri senior AFI berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Tak hanya berkecimpung di dunia tarik suara, paman Mikha Tambayong ini rupanya juga memiliki ketertarikan di bidang politik. Pada tahun 2019, ia menjadi caleg DPR dari PDIP mewakili daerah pemilihan (dapil) Papua Barat. Sayangnya, perolehan suaranya tidak cukup mengantarkannya menjadi wakil rakyat.