Brilio.net - Kabar duka dari dunia musik Internasional, Eddie Van Halen gitaris terkenal dari grup rock ikonik Van Halen, telah meninggal dunia pada 6 Oktober 2020. Eddie meninggal dunia pada usia 65 tahun.

Eddie Van Helen wafat © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@eddievanhalen

Dilansir brilio.net dari Twitter @WolfVanHalen (7/10) Eddie meninggal karena penyakit kanker yang dideritanya. Wolf Van Halen menuliskan sebuah cuitan yang mengatakan bahwa Eddie adalah ayah terbaik yang pernah ia miliki. Sebagai anak, Wolf merasa kehilangan sosok ayahnya, karena dirinya sering melakukan aktivitas bersama dari mulai di dalam atau di luar panggung.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Eddie Van Helen wafat © 2020 brilio.net

foto: Twitter/@WolfVanHalen

"Saya tidak percaya saya harus menulis ini, tetapi ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, telah melepas perjuangannya yang panjang dan sulit," tulis putra Eddie, Wolf Van Halen dalam Twitter.

Eddie Van Halen lahir di Belanda pada 26 Januari 1955 dan dibesarkan di California. Dia mendirikan Van Halen yang digawangi dua saudara Edward Lodewijk "Eddie" Van Halen dan Alex Van Halen. Grup musik cadas asal Pasadena, California Amerika Serikat, ini diambil dari nama belakang keluarga Van Halen. Grup musik ini sangat tenar di era 1980-an hingga 1990-an.

Eddie dan Alex lahir dari pasangan Jan Van Halen, seorang pemain saksofon dari Belanda yang memiliki keturunan Swedia, dan Eugenia van Beers, seorang Eropa-Indonesia dari Rangkasbitung.

Eddie Van Helen wafat © 2020 brilio.net

foto: brilio.net

Dibanding adiknya, Eddie lebih terkenal. Selain sebagai seorang gitaris, pria kelahiran Nijmegen, Belanda, 26 Januari 1955 ini juga seorang penulis lagu dan produser. Keluarga Van Halen pada 1962 bermigrasi ke Pasadena, California. Eddie Van Halen dikenal sebagai salah satu pemain gitar yang memiliki banyak inovasi permainan sehingga namanya dikenal luas sebagai salah satu dewa gitar kelas dunia dengan gaya bermain yang piawai dan cepat (speed).

Indonesia mempunyai kontribusi membentuk grup musik Van Halen yang sudah tenar di dunia. Bukan hanya proses perkenalan orangtua, namun Indonesia mewarnai sejarah musik orangtua mereka yang juga musisi. Eddie dan Alex merupakan diaspora Indonesia di dunia seni.

(brl/guf)